8 Langkah Agar Otak Berpikir Cepat

foto: brainbrilliance.org

Otak manusia itu pada dasarnya seperti sebuah komputer yang canggih.
bayangkan saja berbagai memori di otak kita disimpan begitu baik, tidak seperti hardisk komputer yang masih mempunyai batasan kapasitas. Selain itu, otak juga mempunyai kemampuan canggih sehingga dapat mengendalikan semua kegiatan di tubuh kita.
Tapi, jangan lupa otak juga tetap membutuhkan nutrisi, oksigen, serta membutuhkan latihan yang rutin. Jika otak terlalu dimanja dan jarang dilatih maka menyebabkan kualitas otak akan menurun. Nah, itulah alasan mengapa otak kita lambat dalam berpikir. Berikut ini adalah cara untuk membuat otak anda kembali fresh dan dapat berpikir cepat:

1. Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin. Riset menunjukkan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan stamina bagi otak, Sehingga otak tidak cepat lelah dan kemampuanya dapat tetap terjaga.

2. Kerjakan sebuah permainan yang membutuhkan aktivitas otak. Permainan ini seperti mengerjakan teka-teki silang, bermain rubik, sudoku dan lain sebagainya. Sebab, permainan seperti itu bermanfaat untuk melatih otak kita. Semakin kita sering berlatih, semakin cepat kita dapat merasakan perbedaan pada otak kita. Sama halnya seperti otot, jika kita jarang melatih otot, maka otot kita pun akan menjadi semakin kaku.

3. Olahraga teratur. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan
tubuh kita, tetapi juga bermanfaat bagi otak kita. Sebab, olahraga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah yang masuk ke otak dan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih.

4. Pelajari bahasa yang baru. Dari mempelajari bahasa baru, kita dapat menambah impuls-impuls yang ada di otak dan juga dapat meningkatkan koneksi saraf yang baik.

5. Tertawa. Tertawa dapat meningkatkan kualitas dan fungsi otak untuk menstimulasi kedua belah otak pada saat yang sama.

6. Mencoba hal baru. Cobalah belajar suatu alat musik tertentu dan kesenian yang lain seperti melukis. Dengan mencoba hal baru, kita dapat menambah wawasan dan pengalaman, ibarat komputer yang telah ditambah program baru. Begitu juga otak kita, jika kita melakukan kegiatan yang baru maka otak kita juga semakin berkembang.

7. Cobalah belajar untuk melempar sesuatu. Maksud dari melempar sesuatu ini adalah kita belajar untuk melempar barang. Kegiatan ini anda lakukan dengan olahraga seperti basket. Hasil riset dari Jerman menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur jaringan otak kita.

8. Gunakan daya imajinasi anda. Apa anda tahu Einstein?? Einstein pernah mengatakan bahwa imajinasi lebih penting bagi daripada pengetahuan yang anda miliki. Coba ambillah waktu luang anda untuk berimajinasi sedalam mungkin, bebaskan diri anda untuk sementara dari pikiran-pikiran yang mengganggu anda untuk berimajinasi. Maka , anda akan menemukan suatu metode berpikir yang belum pernah anda lakukan sebelumnya.

Nah,setelah itu apa yang harus anda lakukan? Berlatih dan berlatih, jangan lupakan itu! Sebab, seperti yang dijelaskan tadi bahwa berlatih dapat meningkatkan fungsi otak dan juga menambah impuls-impuls otak. Berlatih bukan hanya sekedar mengisi teka-teki silang saja, tapi bisa diimprovisasi dengan bermain tebak-tebakan dengan anggota keluarga atau bisa juga dengan mencari informasi di berbagai media. Semoga berhasil!

 

Author: Christian Tandya

Share This Post On

1 Comment

  1. satu lagi, hilangkan semua beban2 yang selalu terbayang-bayang dalam pikiran.. soalnya itu mengganggu sekali dalam proses kita berpikir jernih

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>