Aku, Kamu, Semua Bisa Berprestasi

Selasa 22 Mei 2012, telah dilaksanakan lomba FL2SN (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional), O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), dan OSN (Olimpiade Sains Nasional) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tingkat Provinsi DKI Jakarta di SLB A Pembina Tingkat Nasional, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dimulai dengan penampilan dari Tim Marawis SLB Flora Indonesia, Jakarta Barat, dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua Pelaksana FL2SN, O2SN, dan OSN untuk ABK tingkat Provinsi DKI Jakarta, Drs. Parto, MM, M.Pd, yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SLB Ar Rahman, Jakarta Selatan.

Pada saat memberikan pidatonya, Pak Parto menjelaskan bahwa meskipun anak-anak ini memiliki keterbatasan dalam hal fisik, hal tersebut tidak mempengaruhi kreativitas dan skill mereka dalam meraih penghargaan dari berbagai bidang yang digelutinya. Mengusung tema Aku, Kamu, Semua Bisa Berprestasi, beliau mengharapkan agar ABK dapat menunjukkan eksistensi dan kemampuan yang dimilikinya.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan pertunjukan dari siswa-siswi SLB di Jakarta, diantaranya Tari Ronggeng Blantek yang merupakan tarian khas Betawi ditampilkan oleh Novita Sari, siswi tunarungu yang berasal dari sekolah SLB Abdi Pratama, Jakarta Timur. Novita belajar menari dengan menggunakan panggung getar yang khusus dirancang untuk tunarungu. Gerakannya lentur bak penari profesional, meskipun memiliki keterbatasan dalam pendengaran tidak menjadikan Novita bersedih dan mengurung diri di kamar. Ia membuktikan bahwa ABK pun dapat menunjukkan potensi yang dimilikinya. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan duet dari Anggun dan Putra, siswa SLB A Pembina Tingkat Nasional yang mengalami low vision, lemah daya penglihatan namun masih dapat melihat meskipun terbatas.

FL2SN, O2SN, dan OSN untuk ABK tingkat Provinsi DKI Jakarta kali ini bertujuan untuk menjaring siswa-siswi berprestasi dalam bidang olah raga, seni, dan sains. Para juara akan diikutsertakan pada FL2SN, O2SN, dan OSN untuk ABK tingkat nasional pada 17-23 Juni untuk FL2SN di Mataram, NTB, O2SN 8-14 Juli di Palembang, Sumatra Selatan, dan OSN pada 28 Juni-4 Juli di Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk F2SN yang dilombakan adalah pantomim, tari daerah, desain grafis (desain poster dan paper toys), dan tata rias. sementara untuk O2SN, bidang yang dilombakan adalah Atletik (lari 100m), balap kursi roda, lempar cakram, dan bulu tangkis. Serta untuk sains (OSN) dilombakan matematika, fisika, kimia,dan biologi (MaFiKiBi), dan IT (membuat blog).

Dari masing-masing kategori tersebut, akan diambil tiga juara. Pemenang kemudian akan diikutsertakan pada kompetensi tingkat nasional. Juara umum diraih oleh Jakarta Selatan. Selamat untuk para pemenang pada kegiatan F2SN, O2SN, dan OSN untuk ABK tingkat Provinsi DKI Jakarta. Semoga kalian dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekeliling kalian.

Inonk

Author: Inonk

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>