Aplikasi Kantor Gratis

freedigitalphotos.net

Bagi kebanyakan orang, Microsoft merupakan salah satu raksasa dalam hal inovasi dan pembuatan aplikasi yang paling banyak digunakan terutama dalam mendukung pekerjaan sehari-hari. Bahkan sebagian besar orang akan menganggap aplikasi-aplikasi gratis tidak lebih hanya merupakan salah satu contoh proyek percobaan yang tidak dapat diandalkan. Pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena ternyata banyak aplikasi-aplikasi gratis yang malah tidak kalah bersaing dengan kualitas dari aplikasi-aplikasi berbayar. Berikut ini akan dipaparkan beberapa aplikasi pendukung pekerjaan gratis yang tidak boleh dilewatkan.

Aplikasi kantor umum
Aplikasi kantor umum untuk versi berbayar adalah Microsoft Office. Jika dilihat tahun rilis terakhir yaitu tahun 2012, maka aplikasi ini berharga US$350 hanya untuk penggunaan Microsoft Office Professional 2010 dalam satu unit komputer. Sedangkan untuk Microsoft Office Home and Business 2010, harganya berkisar US$ 200 per unit. Bandingkan dengan beberapa aplikasi perkantoran umum gratis berikut ini:
1.Libre Office & Mozilla Thunderbird
Semenjak Oracle berpisah dengan OpenOffice.org, terciptalah satu merek baru dengan nama LibreOffice. LibreOffice adalah komunitas yang berdiri untuk membangun perangkat lunak dimana proyeknya berasal dari salah satu organisasi nirlaba, Document Foundation.
Aplikasi ini terdiri dari word processor yaitu Writer, Calc, modul untuk lembaran kerja, Impress untuk presentasi, Draw untuk gambar dan sketsa, Base untuk aplikasi database dan Math untuk editor rumus-rumus matematika sederhana.
Aplikasi ini tersedia lebih dari 30 bahasa serta memberi dukungan standar untuk file Microsoft Office, Microsoft Office Open XML, Open Document Format dan PDF. Aplikasi ini bahkan menyediakan versi portable yang dapat dibawa dengan satu USB drive.
Dengan tampilan  yang lebih mudah dimengerti dan mirip dengan Microsoft Office, menjadikan LibreOffice jauh lebih baik dan lebih stabil dari pendahulunya yaitu OpenOffice.
LibreOffice merupakan aplikasi dengan lisensi LGPL dengan jaminan pengguna dapat mengunduh, menginstal, mengubah sesuai dengan keperluan pengguna secara gratis.
Sayangnya LibreOffice tidak mendukung penggunaan aplikasi pengelola email seperti Outlook. Pengguna dapat menggantinya dengan menggunakan aplikasi Thunderbird. Thunderbird adalah aplikasi pengelola email dari Mozilla. Program ini mengombinasikan fitur canggih seperti enkripsi pesan, tanda tangan digital pada pesan, filter otomatis email, dan pengelompokan pesan yang baik. Versi terbaru juga mempunyai beberapa perbaikan antar muka seperti penggunaan tab dan navigasi yang lebih cepat untuk inbox.
Penginstalan Thunderbird termasuk mudah, hanya dengan memasukan alamat email dan kata sandi maka Thunderbird akan mengambil seluruh informasi tentang nama dan lokasi server dengan cara memeriksa database dari informasi yang ada pada Thunderbird.
Thunderbird bahkan dapat dipakai untuk penggunaan RSS feeds dan newsgroup.

Foto Editor
Adobe Photoshop CS6 adalah versi terbaru dari aplikasi foto editor ini. Dengan harga berkisar S$699 sesuai dengan pengalaman yang akan didapat pengguna ketika mengedit foto atau melakukan manipulasi terhadap foto melalui Adobe Photoshop CS6. Namun ada beberapa aplikasi gratis yang memiliki fungsi yang sama dengan Adobe Photoshop CS6, diantaranya :
1. GIMP
Singkatan dari GNU Image Manipulation Program adalah aplikasi gratis, open-source image editor dan image creator dimana sekarang adalah tahun ketujuh belas aplikasi ini mulai dibangun.
Aplikasi GIMP dapat digunakan baik untuk memanipulasi gambar dan foto secara dasar seperti menyesuaikan kecerahan, warna dan kekontrasan gambar juga melakukan cropping pada gambar. GIMP juga menyediakan beberapa efek tambahan seperti blur,distort, colorize dan transformasi gambar.
Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa aplikasi ini kurang stabil, aneh dan sulit digunakan namun terdapat banyak perbaikan dalam versi rilis terbaru GIMP 2.8.0. GIMP 2.8.0 mendasari perubahan besarnya pada antar muka dan perbaikan pluginnya.
Untuk tampilan, GIMP 2.8.0 memberikan nuansa baru dengan adanya single-window mode,multi-column dock windows yang mengijinkan pengguna menggunakan beberapa panel terbuka secara sejajar, pengelompokan layer, perbaikan pada pilihan penyimpanan dan perubahan format gambar, pengeditan teks pada kanvas, operasi matematika pada ukuran layar, perubahan shortcut dan perubahan antar muka lainnya.
Perbaikan yang terjadi pada plugin dari GIMP antara lain perbaikan tool brush, perbaikan tool preset, cage transform tool, file plugin dan perbaikan plugin lainnya.
2. Paint.net
Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan software raksasa Microsoft sebagai pengganti aplikasi Paint dan ditawarkan secara gratis. Paint.net merupakan aplikasi yang menjembatani kebutuhan antara pengguna Photoshop dan Ilustrator karena mempunyai fungsi untuk memanipulasi gambar, foto dan piksel. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melakukan berbagai manipulasi seperti mengurangi efek red-eye, memperbaiki kekontrasan gambar, mengubah warna langit dan membuat gambar tubuh seseorang lebih ramping dalam satu aplikasi program yang mudah digunakan.
Meskipun Paint.net memiliki banyak keterbatasan dalam fungsi, tetapi aplikasi ini menyediakan plugin yang dapat diunduh dan diinstal secara gratis juga. Fungsi clone, eraser dan magic wand pada Paint.net tidak jauh berbeda dengan yang dihasilkan photoshop. Paint.net juga tidak membatasi pembatalan perubahan atau undo atau pengguna dapat langsung mengklik jendela history. Pada aplikasi ini juga terdapat fungsi zoom in dan zoom out, tool menu yang transparan. Hanya saja fungsi layer dari aplikasi ini tidak dapat dikunci , layer tidak dapat diubah menjadi transparan dan layer tidak memiliki fitur penambahan efek seperti Realworld Adobe’s Photoshop Express Editor Paint.
3. Adobe’s Photoshop Express Editor
Dengan menggunakan aplikasi foto editor gratis ini secara online, pengguna dapat mengubah format gambar asli lalu melakukan beberapa perubahan pada gambar tersebut seperti mengubah ukuran gambar, cropping, menghapus efek red-eye, penyesuaian warna dan beberapa efek lainnya.
Adobe Photoshop Express Editor juga menyediakan beberapa efek tambahan seperti dodge and burn tool baru untuk memperbaiki kecerahan gambar, efek kristal, mengubah gambar menjadi hitam dan putih dengan beberapa objek yang memiliki warna asli menggunakan efek pop color, efek auto correct, efek pixelate dan teks di dalam gelembung.

Desain Website
Aplikasi berbayar untuk desain website masih dikuasai oleh Adobe Dreamweaver CS5 seharga US$390. Meskipun memiliki banyak pesaing untuk versi aplikasi berbayar, tetapi aplikasi ini adalah aplikasi yang sering menjadi prioritas bagi developer web untuk membangun situs.
Beberapa aplikasi desain website gratis yang mungkin saja dapat menyaingi pasar dari Adobe Dreamweaver CS5 adalah :
1.Kompozer
Kompozer yang dibangun oleh Mozilla ini dapat bekerja dalam beberapa platform OS seperti Microsoft, Linux dan Macintosh.
Aplikasi ini bahkan menambahkan fitur untuk mengelola situs seperti built-in FTP manager yang dapat membantu mengunggah dan mengunduh file kepada server dan dilengkapi dengan validator untuk mengecek apakah kode yang ditulis oleh developer sesuai dengan standar bahasa program yang digunakan. Aplikasi ini juga memiliki beberapa tambahan fitur seperti css editor, form editor, toolbar yang dapat diubah sesuai kebutuhan developer, tab dan fitur pendukung lainnya.
2. Notepad++
Notepad++ adalah versi yang lebih baik dari Notepad yang dibangun oleh Microsoft ditambah dengan beberapa fitur yang mendukung pekerjaan penulis skrip dan programer.
Beberapa fitur yang disediakan Notepad++ adalah bookmark, zoom in dan zoom out, multi view, dapat membuka beberapa dokumen sekaligus dengan menggunakan tab, peta dokumen, menyediakan beberapa pilihan bahasa, syntax highlighting dan beberapa fitur pendukung lainnya.

Manajemen Proyek
Dengan aplikasi program BaseCamp yang berkisar US$20 setiap bulan untuk sepuluh proyek (termasuk 3GB media penyimpanan dalam komputasi awan). Jika pengguna ingin menggunakan dengan jumlah proyek yang tidak terbatas maka harga aplikasi ini berkisar US$150 setiap bulan ditambah dengan fasilitas penyimpanan data menggunakan sistem awan dengan kapasitas 100GB. Aplikasi lain yang digunakan untuk mengelola proyek yang cukup andal adalah Microsoft Project Professional seharga US$996 untuk instalasi setiap unit komputer.
Beberapa aplikasi untuk mengelola proyek gratis adalah :
1.Freedcamp
Aplikasi ini bukan hanya mengadopsi nama aplikasi yang sudah populer dalam mengelola proyek seperti Basecamp, tetapi memiliki banyak fitur yang mendukung pengerjaan proyek lebih efektif. Beberapa fitur andalannya adalah pengguna dapat membuat proyek dari awal atau dari template predesign , pengguna dapat menggunakan milestone atau daftar pekerjaan untuk menjaga agar pekerjaan tim tetap terkelola dengan baik, pengguna akun gratis memiliki kuota sebesar 20 mb untuk berbagi file. Pengguna dapat melacak berapa banyak waktu yang dialokasikan oleh setiap anggota tim untuk melakukan setiap pekerjaan serta Freedcamp menyediakan Group Wall  yaitu salah satu media komunikasi antar anggota tim bahkan Freedcamp menyediakan fitur untuk memberi informasi tentang update terbaru dari proyek melalui pesan instan, sms atau notifikasi email.
2.ProjectPier
ProjectPier adalah salah satu komunitas open source pengelolaan proyek dan kolaborasi tim berbasis web yang sederhana, tangguh dan sesuai dengan kebutuhan pengguna gratis. Aplikasi ini memberikan sistem yang fleksibel untuk mengelola proyek yang melibatkan beberapa organisasi dengan menyediakan wadah sebagai pusat aktivitas dan informasi proyek yang terintegrasi dengan aplikasi dan alur kerja yang telah digunakan oleh kelompok kerja pengguna.
ProjectPier adalah aplikasi yang diciptakan dengan menggunakan bahasa program PHP, javascript dan database MySQL dan bekerja di bawah platform beragam.
Aplikasi ini memiliki lisensi AGPL (Gnu Affero General Public License ) dimana pengguna dapat menggunakan dan memodifikasi aplikasi ini berdasarkan batasan lisensi.
3.Teamlab
Teamlab adalah pelayanan multifungsional online untuk kolaborasi bisnis, dokumen dan pengelolaan proyek gratis. Aplikasi ini dibuat oleh Ascensio System SIA, salah satu perusahaan berkembang pesat yang menyediakan pelayanan IT, baik pribadi maupun perusahaan.
Teamlab dibangun berdasarkan pada ide pembuatan jejaring sosial dan pengelolaan proyek yang efisien. Aplikasi ini menggabungkan beberapa fitur yang membantu tim dalam perusahaan bekerja secara pribadi dalam memecahkan tugas umum dan mencapai hasil yang diinginkan.
Beberapa fitur pendukung yang disediakan TeamLab adalah :
- Pengelolaan proyek
TeamLab menyediakan fungsi mengatur jadwal milestone proyek dan pemberitahuan sebelum tanggal deadline, pelacakan waktu proyek dan pemberian tingkatan hak akses bagi pengguna, laporan dan fitur pendukung lainnya.
- Kolaborasi anggota kelompok
Fitur pendukung untuk kolaborasi anggota kelompok adalah fitur update berita dan kejadian, penggunaan blog dan forum, anggota kelompok dapat berkomunikasi melalui aplikasi mobile dengan platform Android dan iOS mobile phone, pesan instan, foto, wiki dan bookmark.
- Pengelolaan dokumen
Fitur pendukung untuk mengelola dokumen adalah mengedit dokumen, berbagi dan penyimpanan dokumen, pengelolaan hak akses dokumen, impor, integrasi dokumen dengan modul manajemen proyek dan pencatatan perubahan proyek.
- Kalender
Teamlab menyediakan kalender untuk keperluan pribadi dan kalendar untuk satu tim, dimana kalender untuk keperluan pribadi dapat dibagikan kepada anggota tim yang lain. Beberapa akses dari tiap pengguna kalender adalah read only dan full editing, tergatung dari hak akses pengguna. Teamlab juga menyediakan fitur pemberitahuan melalui notifikasi kepada pengguna ketika proyek telah mendekati waktu deadline. Fitur lainnya yang melengkapi penggunaan kalender adalah optimalisasi data di dalam timeline dan beberapa view ketika melihat kalender.
- CRM
TeamLab menyediakan tempat untuk menyimpan seluruh alamat kontak dari perusahaan, memberikan pekerjaan dan melacak aktivitas pekerjaan, mengelola dan analisa komunikasi dengan pelanggan, menentukan kesuksesan peluang, perkiraan anggaran yang disetujui dengan pelanggan, pemberian tingkat akses pengguna, mengedit dan berbagi data dengan pelanggan dan fitur pendukung lainnya.

Pemeliharaan komputer
Salah satu aplikasi yang mendukung kegiatan pemeliharaan komputer lebih efisien berbayar adalah Ninite. Ninite adalah aplikasi web yang dapat menginstal sepuluh aplikasi secara bersamaan termasuk diantaranya Google Chrome, Dropbox, Evernote, Truecryopt dan aplikasi lainnya. Aplikasi ini dapat menghemat ongkos dan waktu dalam melakukan instalasi. Tentu saja sebelum menjalankan aplikasi ini, sebaiknya melakukan backup dari data pada komputer pengguna.
Beberapa aplikasi gratis yang mendukung kegiatan pemeliharaan komputer adalah:
1. Syncback
Beberapa aplikasi gratis syncback yang mendukung pemeliharaan komputer adalah syncback freeware, EncryptOnClick Freeware, DeleteOnClick Freeware, HashOnClick Freeware, dan PatchOnClick Freeware.
Syncback freeware adalah aplikasi gratis yang membantu proses backup dan sinkronisasi data dalam satu drive, drive yang berbeda atau medium yang berbeda, FTP server, satu jaringan dan satu arsip ZIP.
EncryptOnClick Freeware adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan enkripsi pada data pengguna. Perlu diingat tidak ada aplikasi tambahan untuk mengingatkan kata kunci pengguna yang hilang atau dilupakan pengguna.
DeleteOnClick Freeware adalah aplikasi yang berfungsi untuk menghapus data pengguna secara permanen dengan aman.
HashOnClick Freeware adalah aplikasi yang berfungsi untuk membandingkan dua data dengan catatan kedua data yang ingin dibandingkan itu tidak rusak.
PatchOnClick Freeware adalah aplikasi yang membantu pengiriman data dengan kapasitas besar tanpa ketika pengguna menerima update.
2. Microsoft Security Essential
Dengan interface yang memukau, aplikasi gratis ini berfungsi baik ketika membersihkan infeksi virus tetapi performa aplikasi ini kurang baik ketika bertemu malware yang baru.
3. Malwarebytes Anti-Malware
Malwarebytes Anti-Malware menyediakan versi gratis yang berfungsi untuk membersihkan komputer pengguna dari malware seperti worms, trojans, rootkits, rogues, dialers, spyware dan malware lainnya.
Meskipun gratis aplikasi ini menyediakan beberapa fitur seperti update terbaru malware sekaligus pencegahan terhadap infeksi malware secara aktif, fasilitas multi bahasa, update aplikasi otomatis, scan terjadwal dan fitur menarik lainnya.
4. TrueCrypt
Aplikasi open source handal ini dapat melakukan enkripsi drive pada komputer pengguna , atau melakukan enkripsi seluruh disk termasuk sistem disk pengguna. Aplikasi ini dapat menyembunyikan volume disk atau bahkan menyembunyikan seluruh sistem operasi.

Aplikasi ini juga telah memiliki komunitas untuk terus mengembangkan produk ini. Memang meskipun gratis tetapi fitur-fitur yang disediakan sudah cukup membantu aktivitas perkantoran umum sehari-hari. Beberapa  aplikasi gratis ini juga menyediakan wadah kepada pengguna untuk memberi kontribusi melalui donasi dan bentuk kontribusi lainnya.

pcworld.com

Author: Hariyani

Share This Post On

1 Comment

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>