Ayo Daftar Beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) 2013!

grafis by emje^5 - mjeducation.co

Selama ini, kita tahu banyak program beasiswa yang ditawarkan dari pemerintah Australia bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di negara kangguru tersebut. Salah satu program beasiswa terkini adalah Australian Development Scholarship atau yang biasa disingkat dengan ADS untuk tahun keberangkatan 2013-2014. Tertarik?

Pertama-tama mungkin kamu akan bertanya kenapa sih harus Australia? Well, mungkin pertanyaan tersebut sangat sering terbersit di benak kamu. Kenapa harus Australia, padahal banyak juga negara lain yang menawarkan program beasiswa untuk mahasiswa dari Indonesia. FYI, Australia adalah salah satu negara dengan jumlah mahasiswa Indonesia terbesar di dunia. Selain letak geografisnya yang cukup dekat dengan Indonesia sehingga mudah dijangkau, biaya hidup di Australia tidaklah semahal negara-negara lain di Eropa atau Amerika Serikat. Tak hanya itu, pemerintah Australia juga sangat memperhatikan kebutuhan mahasiswa asing yang belajar di sana. Karena itu, tak heran jika Australia menjadi negara pilihan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi kedua setelah Amerika Serikat. Nah, untuk mendukung hal tersebut, pemerintah Australia juga sering mengadakan program beasiswa bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi di sana. Salah satunya ya program Australian Development Scholarship (ADS) tadi. Bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan program pascasarjana, kamu bisa segera mendaftarkan diri untuk tahun keberangkatan 2013-2014 mendatang.

Apa sih Australian Development Scholarship (ADS) itu? ADS adalah salah satu program beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studinya di Australia. Setiap tahunnya, pemerintah Australia terus mendukung para pelajar internasional yang ingin kuliah di Australia melalui program beasiswa ADS. Di tahun 2012/2013 ini, program beasiswa ADS diharapkan akan memberi kesempatan tak kurang kepada 400 mahasiswa internasional, khususnya di Indonesia, untuk melanjutkan studi di Australia. Para penerima program beasiswa ADS ini harus kembali ke negara masing-masing selama minimal dua tahun setelah program studi mereka berakhir, dan dituntut agar mampu memberi kontribusi dalam mengembangkan negara masing-masing. Di Indonesia sendiri, program beasiswa ADS bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM. Karenanya, program studi yang diambil juga harus berkaitan dengan program pembangunan yang menjadi prioritas di negara asal masing-masing.

Tahun ini, program beasiswa ADS menawarkan tak kurang dari 1000 tempat bagi para pelajar internasional yang tersebar di lebih dari 31 negara di seluruh dunia. Namun demikian, jumlah penerima beasiswa dibatasi oleh masing-masing negara. Bidang studi yang bisa diambil pun terbatas dan tergantung dari kebutuhan pembangunan negara asal masing-masing, yang tentu saja juga berkaitan kerjasama negara yang bersangkutan dengan pihak Australia. Meskipun sebenarnya program beasiswa ADS ini terbuka bagi program S1, S2, sampai program PhD, namun di Indonesia sendiri program beasiswa ini hanya terbuka bagi lulusan S1 yang akan melanjutkan studi S2 saja.

Nah, setelah kamu tahu apa itu ADS, persyaratan apa saja yang wajib dipenuhi para pelamar untuk mengajukan beasiswa ADS? Di Indonesia sendiri, berikut adalah beberapa persyaratan umum yang harus kamu penuhi:

  1. Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dan tidak memiliki kediaman di Australia atau New Zealand
  2. Belum/tidak menikahi warga Australia atau New Zealand selama menjalani studi di Australia
  3. Memenuhi kriteria agar bisa memasuki negara Australia (lolos tes kesehatan, psikologi, dsb)
  4. Tidak sedang menerima beasiswa lain untuk melanjutkan studi di luar negeri
  5. Diwajibkan untuk mengajukan program studi baru
  6. Bersedia menjalani masa penerimaan beasiswa sesuai waktu yang telah ditentukan
  7. Lolos tes imigrasi

Selain persyaratan umum di atas, kamu juga wajib memenuhi beberapa persyaratan lain seperti:

  1. Pilihan program studi harus termasuk dalam slah satu bidang prioritas pembangunan di negara asal
  2. Usia maksimal 42 tahun (pada saat mengajukan lamaran)
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) min 2.9, dan skor TOEFL minimal 500
  4. Lulus program S1 untuk mengajukan program master (S2)
  5. Jika mengajukan program Doktoral (S3), pelamar harus sudah menyelesaikan program master (S2)
  6. Untuk mengajukan program Doktoral, hanya pihak tertentu yang dapat melamar, sperti: dosen, guru SMA, atau staf di lembaga-lembaga penelitian terkait
  7. Harus mengisi pertanyaan pada formulir yang telah disediakan

Apa saja fasilitas yang bisa kamu dapatkan setelah menerima beasiswa ADS? Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa kamu dapatkan jika menerima beasiswa ADS:

  1. Gratis biaya kuliah secara penuh
  2. Mendapatkan tiket pesawat (kelas ekonomi) gratis pulang-pergi (PP) Indonesia-Australia (1x)
  3. Tunjangan biaya perkuliahan sebesar A$5,000 termasuk akomodasi, textbooks, buku-buku dan materi kuliah
  4. Tunjangan biaya hidup sebesar A$28,000 per tahun
  5. Memperoleh kursus singkat (4-6 minggu) untuk memperkenalkan lingkungan seta kehidupan di Australia
  6. Memperoleh Overseas Student Health Cover (OSHC) bagi para penerima penghargaan saja.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa tersebut, kamu bisa segera mengirimkan lamaran kamu via online dengan mengunjungi situs: oasis.ausaid.gov.au atau kirim ke alamat:

Gedung Wira Usaha Lt.7
Jl. H.R. Rasuna Said Kav C-5 Kuningan, Jakarta Selatan
Telp. 021 527 7648
Fax. 021 527 7649

Batas waktu lamaran selengkapnya dapat dilihat di halaman Opening and closing dates.

scholars4dev.com | beasiswainfo.blogspot.com

lubnamelia

Author: lubnamelia

Share This Post On

30 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>