FKUI : Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

 

fkui - sectiocadaveris.wordpress.com

Siapa yang tidak mengenal Universitas Indonesia? Universitas Indonesia (UI) termasuk salah satu universitas terbaik di Indonesia yang sering disejajarkan dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) maupun Universitas Gajah Mada (UGM). Universitas Indonesia didirikan pada tahun 1950 di Jakarta. Apa yang membuat UI begitu istimewa? Salah satunya adalah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang merupakan fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.

FKUI terletak di Jalan Salemba Raya nomor 4-6 Jakarta dengan bangunan yang unik dan bernilai sejarah seluas  16.209 m2. Fakultas ini memiliki hanya memiliki satu jurusan yaitu pendidikan dokter dengan lima program pendidikan yaitu Program Diploma, Program Sarjana, Program Dokter Spesialis, Program Magister, dan Program Doktor.

FKUI memiliki visi untuk menjadi fakultas kedokteran terkemuka di Asia Pasifik dan masuk ke dalam 80 terbaik di dunia pada tahun 2014. Untuk mencapai visi ini mereka mempunyai beberapa misi yaitu :

  • Menyelenggarakan pendidikan kedokteran bertaraf internasional yang berbasis kompetensi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  • Melaksanakan penelitian kedokteran yang berkualitas internasional dalam upaya pengembangan ilmu dan teknologi kedokteran.
  • Melaksanakan clinical governance dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di RSCM dan RS Pendidikan lainnya
  • Berperan aktif dalam penentuan kebijakan di bidang pendidikan kedokteran dan pelayanan kesehatan untuk peningkatan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.

Sejarah

Fakultas Kedokteran di bawah naungan Universitas Indonesia resmi berdiri pada tanggal 2 Februari 1950. Sebelumnya pendidikan dokter di Indonesia telah ada sejak tahun 1851 (Dokter Djawa School) yang terus mengalami perubahan sehingga menjadi FKUI sekarang ini. Urutan perubahan nama setelah Dokter Djawa School adalah STOVIA(1898), Geneeskundige Hooge School (1927), Ika Daigaku (masa pendudukan Jepang), lalu Pendidikan Tinggi Kedokteran (kemerdekaan RI). Setelah Indonesia mendapat kemerdekaan penuh, akhirnya Pendidikan Tinggi Kedokteran digabungkan dengan sekolah kedokteran Belanda, Geneeskundige Faculteit Nood Universiteit van Indonesia, hingga menjadi FKUI.

Mengapa terbaik?

FKUI berorientasi pada sistem pendidikan kedokteran berbasis penelitian untuk kemanusiaan dan menuntut para mahasiswanya untuk belajar lebih mandiri dengan memakai metode Program Based Learning (PBL). Terdapat nilai-nilai yang dikedepankan untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam persaingan global yaitu Leadership, Integrity, Fairness, dan Excellence. Selain fasilitas belajar yang sangat memadai, FKUI juga telah meraih berbagai pencapaian baik dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. Ditambah lagi berbagai lulusannya telah mencapai kesuksesan dalam karir sebagai dokter.

Jika Anda ingin menjadi dokter terbaik di tanah air, jangan ragu-ragu FKUI adalah tempat yang tepat. Dan jangan khawatir soal biaya, UI memiliki program BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dan beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswanya.

 fk.ui.ac.id

Author: Tirta Nahari

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>