Gak Mau Penuaan Dini? Baca Ini!

foto: sxc.hu

Seringkali kita mengonsumsi berbagai jenis makanan tanpa berpikir dan mencari tahu apa dampak dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Meski dampak dari makanan atau minuman yang kita konsumsi  terlihat sepele,  namun jika berlebihan dalam mengonsumsinya, maka dapat menjadi sumber masalah bagi tubuh. Ada pepatah mengatakan, ”You are what You eat”, ungkapan tersebut rasanya tidak berlebihan bagi kita. Proses penuaan ternyata tidak hanya akibat dari stres saja tetapi makanan juga dapat mempercepat proses penuaan yang mengakibatkan Anda akan tampak lebih tua. Berikut ini adalah daftar makanan yang dapat mempercepat proses penuaan :

1. Gula

Jika kita berbicara tentang gula, ternyata hal yang satu ini cukup menjadi masalah bagi kita. Hampir semua jenis makanan dan minuman mengandung gula, seperti pada minuman ringan, permen, susu, bahkan nasi pun mengandung gula. Kandungan gula dari makanan yang kita konsumsi ini diserap oleh tubuh dan larut dalam darah sehingga gula yang terdapat di dalam darah ini larut dengan protein sehingga dapat membuat kulit menjadi rapuh. Konsumsi gula secara berlebih dapat menyebabkan obesitas, nyeri sendi, serta dapat membuat sakit kepala yang menimbulkan garis dahi terlihat lebih menonjol.

2. Garam

Garam memang baik bagi tubuh, selain sebagai penyedap makanan garam memiliki manfaat seperti memenuhi kebutuhan yodium dalam tubuh. Namun, konsumsi garam berlebih malah menimbulkan masalah bagi tubuh dan sebenarnya kita tidak perlu khawatir kekurangan akan garam, karena sebagian besar makanan yang kita konsumsi mengandung garam. Justru kita harus berusaha untuk mengurangi tingkat konsumsinya.

Akibat dari kelebihan garam adalah retensi cairan, yang ditandai dengan menebalnya kulit pada pergelangan kaki dan timbulnya bengkak pada jari tangan dan kaki. Selain itu, garam juga dapat menimbulkan penyakit tekanan darah tinggi serta ginjal. Tidak luput gangguan  metabolisme tulang juga disebabkan oleh garam yang berlebih. Hal tersebut malah membuat Anda menjadi lemas dan tidak bergairah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Makanan olahan

Makanan olahan ternyata dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh, seperti halnya daging asap ataupun sosis. Pada dasarnya, radikal bebas adalah molekul-molekul oksigen yang tak stabil. Yang jadi permasalahannya adalah radikal bebas tersebut malah menghancurkan molekul-molekul sehat dan menyebabkan timbul berbagai penyakit.

4. Lemak trans

Lemak trans adalah lemak cair yang diproses sedemikian rupa menjadi lemak padat. Proses pemadatan lemak cair ini dikenal dengan nama proses hidrogenasi. Contoh makanan yang mengandung lemak trans adalah seperti kentang goreng, makanan cepat saji, margarin, makanan ringan, donat, cake, dan sebagainya. Proses hidrogenasi ini dapat membuat makanan terasa lebih gurih, namun ketahuilah bahwa justru lemak trans dan minyak terhidrogenasi menghasilkan banyak radikal bebas. Oleh sebab itu, berpikirlah dua kali sebelum membeli makanan yang tertera label “terhidrogenasi”.

5. Kopi

Tahukah Anda bahwa kopi ternyata memiliki potensi untuk mempercepat penuaan wajah lebih cepat sebelum waktunya? Minum kopi dalam jumlah yang terlalu banyak akan membuat kulit Anda kekurangan air dan dehidrasi, hal tersebut menyebabkan kulit Anda terlihat kering dan muncul garis halus. Ada baiknya jika Anda minum kopi paling banyak satu sampai dua cangkir dalam sehari, selain itu Anda pun harus mengimbanginya dengan minum delapan gelas air putih dalam sehari.

6. Minuman energi

Sebagian besar dari beberapa minuman energi terlalu banyak mengandung kafein. Jumlah kafein yang terlalu banyak malah membuat Anda lebih mudah gelisah serta dapat mengganggu jadwal tidur Anda. Konsumsi minuman energi berlebih dapat memicu terbentuknya jaringan parut (kulit yang menggelembung akibat bekas luka dan berisi cairan, seperti bekas luka bakar) dan kista yang merupakan kantung berisi cairan pada payudara sehingga timbul rasa nyeri dan bengkak pada payudara.

7. Alkohol

Meski alkohol tidak terlalu signifikan dalam mempercepat proses penuaan, namun alkohol membuat Anda mudah mengalami dehidrasi sehingga dapat membuat kulit mengerut karena kekurangan cairan dan membuat Anda tampak lebih tua. Selain dapat menyebabkan penuaan, konsumsi alkohol yang berlebih juga dapat memicu resiko terkena kanker.

Nah, Anda sudah tahu kan makanan apa saja yang bikin Anda terlihat lebih tua? Untuk itu, kurangi konsumsi dari makanan-makanan di atas agar tubuh Anda terasa segar bugar. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan membuat tubuh Anda lebih sehat.

 

Author: Christian Tandya

Share This Post On

2 Comments

  1. tetapi kata dosen saya (seorang dokter), mengatakan malah kopi itu menunda penuaan .. mohon penjelasannya ;)

    Post a Reply
    • jika konsumsi kopi dalam jumlah yang wajar memang dapat menunda penuaan, seperti minum kopi 1 sampai 2 cangkir dalam sehari (udah dijelasin di atas).
      Tapi, jika konsumsi kopi yang berlebihan itu yang menyebabkan penuaan.

      Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>