Kampus Baru ITB di Jatinangor

itb jatinangor - itb.ac.id

Mungkin sebagian besar orang telah mengenal kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebagian besar orang mengetahui bahwa kampus ITB berlokasi di tengah kota Bandung, tepatnya di Jalan Ganeca. Akan tetapi, sudahkah anda mengetahui tentang lokasi kampus ITB yang baru?

Sejak beberapa tahun yang lalu, ITB sudah melakukan pembangunan kampus baru yang berlokasi di Jatinangor, dekat dengan area kampus Unpad dan IPDN. Pembangunan ini berawal dari semakin sempitnya lahan kampus ITB di Jalan Ganeca yang hanya seluas 5 Ha, sedangkan mahasiswanya berjumlah belasan ribu orang, Perluasan kampus di area Jalan Ganeca tidak mungkin lagi dilakukan sebab sudah tidak ada lagi lahan yang tersedia di sekitar Jalan Ganeca. Oleh karena itu, ITB membuka ‘cabang’ kampus yang berlokasi di Jatinangor. Area ini dulunya adalah Universitas Winayamukti, yang mengalami masalah manajemen sehingga universitas ini harus ditutup. Kemudian pemerintah menawarkan lahan ini kepada pihak  ITB, dan disambut dengan baik oleh pihak ITB yang memang sedang mencari lahan untuk perluasan kampus.

Kampus baru ITB cabang Jatinangor ini mengusung ide eco campus, dimana dengan lahan seluas 47 Ha, hanya sekitar 20% yang digunakan untuk pembangunan gedung, dan sisanya akan dimanfaatkan sebagai lahan hijau. Selain itu kampus Jatinangor ini juga akan menganut zero delta cue dan membangun sistem pengairan yang baik, sehingga tidak ada air hujan yang terbuang. Pada dasarnya, karakteristik kampus ini akan lebih ditujukan untuk riset dan pengembangan inovasi, oleh karena itu akan banyak laboratorium dari berbagai program studi yang dibangun di sini.

Selain menggunakan lahan baru ini untuk pengembangan penelitian dari program studi yang sudah ada, ITB juga membuka beberapa program studi baru seperti Bioengineering, Ilmu tentang perhutanan, Ilmu tentang pertanian, Infrastruktur dan Sanitasi Lingkungan, dan Sumber Daya Air. Dibukanya program studi baru ini dinilai sesuai dengan kebutuhan masa kini dan juga untuk pemberdayaan masyarakat.

ITB Jatinangor rencananya akan siap digunakan untuk tahun ajaran baru 2012/2013. Untuk para siswa SMA yang berminat dengan bioengineering, kehutanan, pertanian, pilihan program studi baru di ITB ini tentu bisa dipertimbangkan.  Mahasiswa yang mendaftar pada program studi baru di Jatinangor rencananya akan tinggal di asrama selama 1 tahun, kemudian di tahun kedua mereka akan keluar dari asrama dan membaur dengan masyarakat. Untuk masalah mobilitas antar kampus, ITB menyatakan akan ada fasilitas bis yang menghubungkan kedua kampus tersebut. Pembangunan ITB multikampus ini tentu saja masih menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dan semoga dengan adanya ITB Jatinangor ini akan membawa ITB ke arah yang lebih baik dan bukan malah sebaliknya.

km.itb.ac.id | itb.ac.id

Author: Tirta Nahari

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>