Muhammad Asmui : “Mewaralabakan Bisnis Kopi”

Foto : mediaindonesia.com

Kopi merupakan minuman yang dikenal luas di Indonesia.Kopi juga dapat diracik menjadi sebuah minuman yang beraneka ragam. Muhammad Asmui mampu membaca peluang usaha minuman ini, ia berkreasi dengan membuat berbagai macam racikan kopi yang disukai dan direspon baik oleh para penikmat kopi.

Pria yang memiliki sapaan akrab Asmi ini, semasa kuliah  sudah mulai memperoleh penghasilan sampingan dari mengajar les privat, berjualan pulsa, hingga berjualan kerupuk dari warung ke warung. Pada tahun 2008 Usahanya dilanjutkan dengan mencoba peruntungan di bidang usaha teh gelas yang ia jajakan dekat kampusnya di UIN, Ciputat.

Usaha teh gelasnya tersebut dapat dibilang cukup ramai karena berada di sekitaran kampus. Dengan dibantu oleh beberapa saudaranya dalam meracik teh dan menjajakannya di dekat kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia mengharapkan dapat memperoleh penghasilan yang maksimal dari usaha tersebut dan memperkirakan usaha teh-nya ini memiliki prospek yang cukup cerah.

Namun, usaha tersebut ternyata hanya bertahan selama tiga bulan karena terganjal masalah merek yang ia pakai, yaitu “Joss tea” sudah ada yang terlebih dahulu memilikinya. Pengalalaman yang ia dapat dari kegagalan tersebut tidak mejadikannya mundur dalam dunia usaha, pada tahun yang sama ia langsung menciptakan usaha baru.

Lulusan Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah ini meluncurkan sebuah produk minuman Kopi blanded yang memang sedang banyak digemari pada saat itu. Belajar dari pengalaman pahit sebelumnya, Asmi tak mau kecolongan, ia langsung mematenkan produknya tersebut dengan merk “javapuccino”. Kemudian asmi juga memulai usaha minuman kopinya itu dengan menggunakan sistem franchise (waralaba).

Dengan sistem waralabanya Javapuccino pada tahun 2010 telah memiliki kurang lebih 206 outlet yang tersebar diseluruh Indonesia dan menghantarkan Asmi memperoleh juara pertama dalam lomba wirausaha Muda Mandiri kelompok mahasiswa dalam kategori Boga.

Penghargaan lain yang diperoleh Asmi bersama Javapuccino, antara lain : Best seller Franchise and Business Opportunity, Market Leader, dan Fastest growing franchise pada 2011 dari Majalah Franchise, Winner who Want to be The Young Entrepreneur dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) pada 2011, dan penghargaan wirausaha muda sukses dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia pada 2011.

Racikan kopi dalam negri, diolah dengan teknologi canggih coffe maker ala barista, ditambah kemasan dengan tampilan modern, membuat Javapuccino tampil elegan, membuat produk ini mampu bersaing dalam pasar. Inovasi dalam rasa juga merupakan keungglan dari Javapuccino, Selain produk Java Capuccino, Tiramissu, dan Smoothie, Javapuccino selalu mencoba untuk menciptakan Resep baru setiap bulannya.

Kini usaha tersebut telah memiliki lebih dari 400 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Asmi sendiri merasa bersyukur dapat mengembangkan usaha dengan konteks lokal 100 % Indonesia. Ia juga akan terus berinovasi dalam bidang usahanya ini dan tak gentar menghadapi persaingan global dari gerai-gerai kopi luar negeri yang mulai merambah di Indonesia.
Variasi minuman yang disuguhkan Javapuccino menjadikannya memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan dengan gerai-gerai outlet kopi modern lain.

Belajar dari jalan panjang Javapuccino, para wirausaha muda tak boleh mudah menyerah atas masalah dan hambatan yang pasti akan dihadapi nantinya. Pengusaha juga harus memiliki sikap tidak mudah menyerah, selalu berinovasi dalam mengembangkan bidang usaha yang ditekuni. Selain itu, kegagalan dimasa lalu bukan merupakan sebuah bencana yang merupakan akhir dari segalanya, melainkan terdapat pelajaran yang sangat berharga dalam menapaki tangga kesuksesan.

javapuccino.com | kontan.com

Eko

Author: Eko

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>