Panduan Menulis Jurnal Ilmiah : Menentukan Tema dan Topik – BAGIAN 1

Mesti menulis jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan? Jangan khawatir, MJ Education telah mengemas sebuah panduan praktis langkah-langkah membuat karya tulis jurnal ilmiah dari nol. Nah, buat kamu-kamu yang masih bingung dan cemas tentang bagaimana tata cara penulisan jurnal ilmiah, simak panduan dari MJ Education yang akan diterbitkan dalam beberapa artikel.

MENENTUKAN TEMA DAN TOPIK

Sebagai langkah paling awal dalam penulisan karya tulis jurnal ilmiah adalah dengan menentukan tiga hal di bawah ini.

  • Menemukan tema yang sesuai
  • Memperinci tema menjadi topik yang lebih spesifik
  • Menyusun jadwal pengerjaan karya tulis

Menemukan Tema Yang Sesuai

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan tema adalah apakah kita diberi kebebasan untuk menentukan tema sendiri? Atau dosen telah menentukan tema umum untuk kita dikupas lebih dalam dan spesifik? Seringkali bila kita diberi kebebasan untuk memilih tema sendiri, kita menjadi kebingungan dan kehilangan arah. Padahal sebenarnya kita dapat melakukan “brainstorming1 dalam menentukan tema yang tepat untuk kita. Sebagai ilustrasi, aspek-aspek berikut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menemukan tema yang sesuai untuk kita:

  • hobi dan minat
  • sumber bacaan atau pembahasan media massa yang menarik perhatian kamu
  • hal-hal yang membuat kamu penasaran dan ingin kamu ketahui lebih jauh
  • isu-isu hangat yang di sekitar kita dan menurut kamu perlu untuk ditindaklanjuti

Coba ambil selembar kertas dan jawab pertanyaan- pertanyaan di atas. Berikan 1-2 alasan mengapa menurutmu hal-hal tersebut menarik perhatianmu. Kemudian,  simpulkan tema mana yang sekiranya dapat atau ingin dijelaskan lebih detail dan mendalam. Misalnya kamu memilih tema umum: Internet dan Masyarakat

Lain halnya apabila tema umum sudah ditentukan oleh guru/ dosen pembimbing, maka yang perlu kamu dilakukan selanjutnya adalah memperinci tema tersebut. Tema dapat diperinci dengan mempersempit area pembahasan menjadi suatu topik.

Memperinci Tema Menjadi Topik Yang Lebih Spesifik (Preliminary Research)

Sesuai contoh di atas, tema: Internet dan Masyarakat mencakup area pembahasan yang sangat luas dan akan sangat sulit membahas setiap aspek dari tema tersebut. Yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan topik spesifik yang tepat untukmu bisa dengan “mind-mapping2, yaitu dengan menuliskan isu-isu yang  berkaitan dengan internet dan masyarakat secara ilustratif. Contohnya seperti berikut ini:

Ilustrasi di atas dapat membantu untuk menyaring ide-ide kasar yang terlintas di otak. Dari situ, kita bisa menemukan topik umum dari tema internet untuk dipadukan dengan satu titik pembahasan dari tema masyarakat. Kita ambil contoh topik umum misalnya: online games dan anak-anak. Topik ini pun masih dapat digali lebih dalam untuk peninjauan lebih lanjutnya.

Untuk membantu memperinci topik ini lebih spesifik lagi, mulailah melakukan penelitan awal (preliminary research). Caranya dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang online games dan anak-anak dari berbagai sumber,seperti dari televisi, buku, koran, majalah  atau bahkan media internet itu sendiri. Research disini dimaksudkan sebagai langkah awal untuk membuka wawasan kalian akan isu-isu yang beredar seputar topik umum yang kalian pilih. Semakin banyak informasi yang dapat kalian temukan mengenai topik tersebut maka semakin berpotensi topik tersebut bisa dikembangkan dalam karya tulis kalian.  Melalui pencarian informasi secara mendalam,  kita dapat mengetahui  isu-isu seperti apa yang melingkupi topik tersebut, apakah mengenai online games dan pengaruhnya ke kecerdasan anak, online games dan kehidupan sosial anak, online games dan obesitas anak dan lain sebagainya. Misalnya kita ambil contoh topik mengenai pengaruh online games terhadap kehidupan sosial anak. Ini bisa menjadi titik awal pembahasan karya tulis kita. Lebih lanjut, topik ini pun masih dapat kita perdalam lebih jauh lagi. Sebagai contoh kita boleh memfokuskan topik pembahasan  pada pengaruh kekerasan dalam online games terhadap kondisi psikologis anak. Nah, bahan penelitian selanjutnya akan bertolak dari sini. Proses penentuan topik tersebut bisa dijelaskan dalam alur seperti skema di bawah ini:

 

Menyusun Jadwal Pengerjaan Karya Tulis

Setelah mengetahui topik mana yang ingin kita bahas, maka tahap selanjutnya adalah membuat dan menyusun jadwal pengerjaan karya tulis. Yang dimaksud dengan membuat jadwal adalah membuat daftar poin-poin yang akan kalian bahas lebih dalam secara sistematis. Menyusun jadwal dimaksudkan untuk memastikan agar kita dapat menyelesaikan karya tulis kita tepat pada waktunya. Kita mulai memperkirakan berapa banyak waktu yang kita diperlukan untuk menyusun karya tulis mulai dari tahap perencanaan, pencarian informasi, penyusunan naskah, editing hingga dengan hasil karya tulis kita diajukan untuk penilaian. Dengan demikian, pengerjaan karya tulis kita memiliki alur yang jelas dan memudahkan kita untuk bekerja secara efisien. Di samping itu, kita juga dapat memonitor dan memastikan proses kerja kita memenuhi target waktu sehingga kita dapat menyelesaikan hasil karya tulis kita tepat pada waktunya.

Berikut ini contoh daftar jadwal pengerjaan karya tulis disadur dari Beverly Chin (2010)

TUGAS TANGGAL MULAI TANGGAL SELESAI
Menentukan tema dan topik
Melakukan penelitian ( exploratory research)
Mengumpulkan data dan sumber informasi
Membuat outline
Menyusun draft awal
Merevisi dan memperbaiki draft
Menyiapkan presentasi
Mengumpulkan karya tulis jurnal ilmiah

 

(bersambung)

Footnotes:

Show 2 footnotes

  1. Sebuah tehnik berpikir yang digunakan sebagai langkah awal untuk membahas suatu masalah dengan secara spontan menuliskan ide-ide yang berhubungan dengan masalah tersebut
  2. Teknik ilustratif untuk visualisasikan hubungan antara beberapa informasi dengan menggunakan garis dan kurva

maddie

Author: maddie

Penulis adalah seorang ibu satu anak yang cukup health-conscious, punya big passion di bidang baking, tarik suara. dan scrapbooking. Lulusan Food Science yang terlanjur jatuh cinta dengan dunia tulis menulis.

Share This Post On

2 Comments

  1. Mohon Bagian 2 dan selanjutnya dapat ditayangkan, terima kasih.

    Post a Reply
  2. Terima kasih pak……!!!

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>