Paris, Kota Pelajar Terbaik di Dunia

Doc. pribadi A. Adiyat 2012

Baru baru ini, lembaga pemeringkat universitas dunia, Quacquarelli Symonds (QS) menempatkan kota Paris, ibukota Perancis sebagai kota pelajar terbaik di dunia versi 2012. Paris mengalahkan sejumlah kota-kota pelajar lainnya dari benua Eropa, Amerika, Australia dan Asia dalam memenuhi 12 kriteria penilaian yang diajukan QS. Paris meninggalkan London, Boston dan Melbourne, yang masing-masing berada di peringkat  2,3, dan 4. Indikator penilaian yang digunakan QS mengacu pada aspek-aspek seperti: keterjangkauan biaya, kualitas hidup, variasi mahasiswa, jumlah universitas berpredikat internasional dan penilaian dari segi ketenagakerjaan.

Dari aspek keterjangkauan biaya pendidikan, Paris menawarkan biaya pendidikan yang jauh lebih murah dibanding kota-kota lainnya. Sebagai ilustrasi,  para pelajar internasional di Paris cukup membayar kurang dari US$ 2,000 untuk biaya kuliah per tahunnya. Sedangkan para pelajar internasional di London menghabiskan sekitar US$ 18,000 dan US$ 40,000 bagi pelajar internasional di Boston. Meski sebenarnya semua universitas dan institut pendidikan di eropa memiliki standar, kualitas dan kurikulum pengajaran yang berkualifikasi sangat baik, tetapi hampir semua universitas dan institut pendidikan di Perancis adalah milik pemerintah dan bersubsidi penuh. Sehingga pelajar internasional mengeluarkan kocek yang lebih sedikit. Kesenjangan biaya yang sangat besar inilah yang membuat Paris unggul menempati rangking pertama dalam daftar QS.

Paris juga unggul dalam aspek lainnya. Paris dinilai sebagai kota yang cukup ramah, memiliki fasilitas umum yang sangat baik, tingkat kriminalitas yang relatif rendah, biaya hidup yang terjangkau serta proporsi variasi mahasiswa dari dalam dan luar negeri yang baik. Di samping itu, 16 universitas di Paris juga termasuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Dengan pilihan program pendidikan dan  lebih dari 300 jenis bidang studi, banyak dari universitas- universitas ini juga telah membuka program bahasa Inggris. Sehingga makin memudahkan akses bagi calon pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi ke Paris.Satu lagi nilai plus yang dimiliki Paris adalah kesempatan kerja yang terbuka lebar. Lulusan universitas Paris sangat diminati oleh ketenagakerjaan dalam negeri dan asing. Ijasah universitas Perancis pun telah diakui dunia dan memiliki reputasi internasional.

Bagi kalian yang tertarik untuk belajar ke Paris sambil menikmati pemandangan indah pusat kota mode nan romantis, berikut adalah hal-hal yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk belajar ke sana.

1. Sistem pendidikan di Perancis
Program pendidikan tinggi di Perancis secara garis besar dibagi menjadi tiga, yakni Licence (Bachelor), Master dan Doctorate. Gelar Bachelor dan Doctorate membutuhkan durasi kuliah sekitar 3-4  tahun. Sedangkan untuk gelar Master membutuhkan kurang lebih 1-2 tahun. Sebagian besar universitas di Perancis adalah universitas negeri, namun sebagian institut pendidikan bisnis merupakan milik swasta. Biaya kuliah di institusi milik pemerintah hanya dikenakan biaya sekitar 200 Euro per tahunnya (berkisar Rp.2,5 juta). Untuk institusi pendidikan milik swasta mengenakan biaya studi yang lebih mahal bagi pelajar internasional, bisa mencapai  15,000 Euro atau sekitar Rp180 juta per tahun.

2. Aplikasi visa dan pendaftaran universitas
Pelajar internasional non Uni-eropa wajib memiki visa pelajar untuk dapat melanjutkan studi di Perancis. Aplikasi visa dapat diakses melalui konsulat Perancis atau melalui situs pemerintah Perancis, Campus France. Situs ini adalah situs yang secara khusus dikelola oleh pemerintah Perancis untuk membantu para pelajar internasional dari negara non  Uni-Eropa. Banyak informasi yang bisa didapat di situs ini baik dari syarat dan ketentuan aplikasi visa hingga panduan dalam memilih universitas dan jurusan

3. Kemampuan berbahasa Perancis
Banyak universitas di Perancis telah menawarkan sejumlah program berbasis bahasa Inggris. Namun bila kalian ingin mengambil program pendidikan berbasis bahasa Perancis, maka setidaknya kalian harus menguasai bahasa Perancis di level intermediate. Di samping itu, dengan penguasaan bahasa Perancis yang memadai dapat mendukung kehidupan sosial kalian selama belajar disana.  Informasi mengenai ketentuan tingkat kemampuan bahasa Perancis dapat dilihat di situs: www.ciep.fr

4. Biaya akomodasi
Biaya hidup di Perancis tidak berbeda jauh dengan biaya hidup di negara Eropa lainnya, tergolong mahal. Untuk itu, bagi calon pelajar internasional disarankan melakukan reservasi tempat tinggal dengan mengajukan aplikasi umum ke Cite Universitaire Internationale de Paris ( CUIP). Sebaiknya reservasi ini dilakukan satu tahun sebelum studi dilakukan. CUIP adalah asrama tempat tinggal mahasiswa internasional yang terbesar di Paris.

Meski biaya hidup di Paris termasuk mahal, namun mahasiswa di Paris mendapatkan beberapa kemudahan dalam menggunakan fasilitas kampus dan fasilitas umum. Universitas di Perancis tidak mengenakan biaya tambahan lain untuk menunjang proses perkuliahan. Jadi, para mahasiswa tidak perlu membayar lagi untuk uang buku, uang gedung ataupun uang praktikum. Selain itu dengan kartu mahasiswa, para mahasiswa mendapat manfaat potongan harga untuk biaya transportasi, biaya makan dan hiburan.

5. Izin kerja pelajar internasional
Pelajar internasional di Perancis diperbolehkan untuk bekerja part-time selama 19.5 jam per minggu dan full-time selama liburan. Calon pelajar dari negara non Uni-Eropa bisa mengajukan permohonan izin kerja secara terpisah selama visa pelajar mereka berlaku.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai seluk beluk studi di Perancis dapat dengan mengunjungi situs: www.campusfrance.org.en

topuniversities.com | kompas.com| iu.qs.com | thelocal.fr |toulousemanagement.euromanagement.co.id

Doc. pribadi A. Adiyat 2012

maddie

Author: maddie

Penulis adalah seorang ibu satu anak yang cukup health-conscious, punya big passion di bidang baking, tarik suara. dan scrapbooking. Lulusan Food Science yang terlanjur jatuh cinta dengan dunia tulis menulis.

Share This Post On

4 Comments

  1. Mau Tanya ne kalau me masuk university Paris Gimana cara ngurus sendiri tanpa agents ?
    Terus Kita Harus belajar bahasanya dulu?
    Untuk perincian foundantion bp?
    Thanks

    Post a Reply
  2. hmmm… kira-kira kapan ya, di Indonesia ada yang bisa sebagus itu juga? hehe
    :)

    Post a Reply
  3. my name is almaida. i really want to continue my school in paris. i graduated from univercity of jakarta.I majored in cosmetology. so how can i get scholarship of university of paris? thank you

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>