Peranan Mahasiswa dalam Memajukan Bangsa

mahasiswa - youngmoslemfoundation.files.wordpress.com

Pada dasarnya Perguruan Tinggi memiliki peranan dan tugas untuk membentuk manusia susila dan demokrat yang memiliki kesadaran dan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakatnya. Para mahasiswa yang melakukan studi di dalamnya juga harus memiliki kecakapan dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan serta mampu memangku jabatan atau pekerjaan dalam masyarakat.

Untuk itu kita mengenal yang disebut dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan yang mencakup pencerdasan dan transmisi budaya, penelitian yang mencakup ilmu pengetahuan dan inovasi, serta pengabdian masyarakat berupa pelayanan dan akselerasi kesejahteraan. Tentunya mahasiswa memiliki peranan penting untuk mendukung tercapainya target dari Tri Dharma Perguruan Tinggi ini.

Lalu apa peran yang harus dijalankan oleh mahasiswa? Sebagai salah satu kelompok sosial yang merupakan bagian dari masyarakat, mahasiswa berperan sebagai kontrol sosial dan menjadi golongan masyarakat yang memberikan perubahan. Di dalam civil society, mahasiswa harus memberikan peranan yang adil, egaliter, beretika, aspiratif-partisipatif, dan nonhegemonik. Intinya kekuatan mahasiswa terletak pada ide, pemikiran, dan gagasannya.

Mengenai mahasiswa itu sendiri, idealnya Perguruan Tinggi membentuk insan akademis yang dapat melakukan learning by themselves  atau belajar secara mandiri dengan melakukan self improvement serta mencari dan membela kebenaran ilmiah. Dengan adanya pendidikan karakter yang diterapkan di Perguruan Tinggi maka diharapkan mahasiswa dapat merancang visi masa depan untuk diri sendiri, lingkungan, dan keluarga dan membentuk masyarakat madani yang kreatif dan inovatif. Pendidikan yang diberikan dari Perguruan Tinggi ini mengarahkan pada perjuangan mahasiswa untuk mendekatkan realita dengan kondisi ideal.

Kini tantangan masa depan yang harus dihadapi oleh Bangsa kita semakin banyak. Sesudah reformasi terjadi berbagai tantangan baru seperti globalisasi informasi, keberagaman ideologi, neocolonialism, politik pencitraan, generasi muda milenium, serta krisis sosial dan ekonomi yang mengglobal. Untuk menjawab semua tantangan tersebut Perguruan Tinggi yang merupakan irisan dari pemerintah, masyarakat sipil, dan masyarakat ekonomi memiliki peran yang sangat esensial. Mahasiswalah yang menjadi titik tumpu agar Indonesia dapat bertransformasi menjadi Indonesia yang mandiri dengan membentuk masyarakat yang kreatif dan inovatif.

 

km.itb.ac.id | ditpertais.net

Author: Tirta Nahari

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>