Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya

foto: www.tribunnews.com

Institut Teknologi Sepuluh November atau yang lebih dikenal dengan nama ITS adalah salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik yang dimiliki Indonesia. Perguruan tinggi yang terletak di kota pahlawan Surabaya ini menduduki ranking ke-64 perguruan tinggi terbaik dunia versi Webometrics di tahun 2011. Penilaian tersebut berdasarkan pada komitmen dan prestasi perguruan tinggi dalam mengabdikan penelitian-penelitiannya untuk dapat diakses oleh masyarakat luas. Sementara itu, untuk university web ranking, ITS menduduki peringkat ke 1440 menurut 4icu di tahun 2012.

Lokasi Kampus

Kampus utama ITS terletak di daerah Sukolilo Surabaya, dan menempati bangunan seluas 150.000 m2 di atas tanah seluas 180 hektar. Selain itu, ITS juga mempunyai kampus lainnya untuk program D3 teknik sipil yang menempati kampus Manyar. sementara untuk program magister manajemen menempati kampus Cokroaminoto.

Website

http://www.its.ac.id

Sejarah

Pendirian Institut Teknologi Sepuluh November ini bermula dari komitmen para insinyur PII di Jawa Timur bersama dr. Angka Nitisastro yang sepakat untuk mendirikan perguruan tinggi teknik yang bernama Yayasan Perguruan Tinggi Teknik pada tahun 17 Agustus 1957. Tanggal 10 November 1957, Perguruan Teknik 10 November Surabaya diresmikan oleh presiden pertama RI, bapak Ir. Soekarno, dan hanya memiliki dua jurusan yakni Teknik Sipil serta Teknik Mesin.

Setelah beberapa tahun, Yayasan Perguruan Tinggi Teknik berubah nama menjadi Instsitut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan menambah jurusanya menjadi lima, dengan menambah jurusan Teknik Elektro, Teknik Perkapalan, dan Teknik Kimia, yang kemudian bukan lagi menjadi jurusan, melainkan fakultas. Perlahan tapi pasti, ITS kemudian menambah daftar fakultas nya menjadi tujuh, dengan menambah Tenkik Arsitektur dan Teknik Ilmu Pasti dan Ilmu Alam di daftar fakultasnya. Namun di tahun 1983, ITS merubah struktur organisasinya, dan hanya memiliki lima fakultas saja, yakni Fak. Teknik Industri, Fak. Teknik Perkapalan, Fak. Teknik Sipil dan Perencanaan, Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), serta Fakultas Non Gelar Teknologi seperti Teknik Industri (FTI) serta Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Saat ini, ITS memiliki lima fakultas, satu program pascasarjaa, serta dua politeknik.

Fakultas dan Program Studi

Berbagai jurusan dan program studi terdapat di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Program studi yang ditawarkan pun beragam mulai dari D3, S1, S2, hingga program doktoral (S3). Sesuai dengan namanya, tentu institusi ini menawarkan pilihan keilmuwan di bidang teknik, seperti teknik Kimia, teknik informatika, teknik industri, statistika, teknik mesin, teknik perkapalan, dan masih banyak lagi.

Masing-masing fakultas memiliki program studi S1. Total, ITS memiliki tak kurang dari 20 program studi S1, program pascasarjana (S2) yang berjumlah 14, dan program doktoral (S3) berjumlah 9.

Biaya Kuliah

Untuk mahasiswa yang masuk melalui program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), diharuskan membayar SPP senilai Rp 1.800.000/semester, dan sumbangan pembangunan institusi senilai Rp 5.000.000 (min).

Fasilitas

Setiap Fakultas tentu memiliki fasilitas penunjang untuk kegiatan perkuliahan seperti laboratorium. Berikut adalah fasilitas lain yang ada di kampus ITS:

1.   UPT Perpustakaan Pusat

2.   UPT Bahasa

3.    UPT Komputer

4.    Theater

5.    Ruang seminar

6.    Graha Sepuluh November

7.    Koperasi Mahasiswa

8.     Asrama Mahasiswa

9.     Poliklinik

10.   Wisma Flamboyan ITS

11.   Apotek

12.   Bank

13.   Kantor Pos

Penghargaan

Sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, ITS telah berhasil memperoleh berbagai penghargaan.

1.       International Spirit Award, Juli 2002 di AS

2.       Juara 1 Indonesia Robot Contest, 2002, di Surabaya

3.       Juara1 Lomba karya tulis ilmiah di PIMNAS XVI

4.       Juara 1 tingkat nasional lomba Peracangan Microcontroller di ITB, 2000

5.     Best Research Award Winner di The Potential of Coastal Village Settlement in Supporting the Programmes of Tourism & Eradication of Poverty in East Java, 1999

6.       Penghargaan tertinggi dalam Lomba Desain Masjid An Nur, Kediri oleh King Saud University, Saudi Arabia

7.       Juara Lomba Electronic Design, Texas Instrument, untuk wilayah Asia

8.       JCIA Special Award for International Cooperation (Poltek Elektro dan telekomunikasi ITS), 1999

9.       Presented paper of Natural Environment Awareness and the Design for Density at Association of College Schools of Architecture, London, 1994

Kerjasama Internasional

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, serta pelayanan terhadap masyarakat, pihak ITS telah melakukan kerjasama dengan University of Natural Resources and Applied Life Science, salah satu universitas dari Austria. Kerjasama yang dinamai DIMSUM ini dilaksanakan untuk menentukan kebijakan mengenai sistem sanitasi serta prosedur dalam penyediaan air di aliran sungai Brantas, Surabaya. Selain Indonesia, program kerjasama ini juga dijalankan dengan negara-negara lainnya seperti Malaysia, Nepal, dan India terhitung sejak tanggal 1 Januari 2005 sampai 1 Juli 2008.

4icu.org | alumniits.com| its.ac.id | prospektus.its.ac.id

lubnamelia

Author: lubnamelia

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>