Nanyang Technological University Singapura

Siapa yang tidak kenal universitas papan atas di dari negeri singa, Nanyang Technological University? Universitas yang masuk ke dalam daftar 200 universitas terbaik tingkat dunia ini menjadi salah satu incaran tujuan studi bagi banyak pelajar dari seluruh dunia. Di edisi kali ini, kita akan mengupas lebih lanjut seperti apa sih kehebatan universitas yang juga dikenal dengan nama NTU ini.

Profil
Nanyang Technological University (NTU) adalah universitas negeri yang berdiri di Singapura sejak tahun 1955 tadinya adalah sebuah universitas berbahasa mandarin. Dalam kurun waktu yang panjang, universitas berbahasa mandarin ini telah berevolusi menjadi sebuah universitas yang unggul dalam bidang sains dan teknologi dan bertaraf internasional.Di tahun 2011, NTU juga menjadi satu-satunya universitas di Asia yang menerima penghargaan bintang lima dari hasil evaluasi badan pemeringkat universitas sedunia, QS. Pencapaian ini menyejajarkan posisi  NTU dengan universitas-universitas seperti University of Cambridge dan Massachusets Institute of Technology.

Lokasi
NTU saat ini memiliki dua kampus yang tersebar di Singapura. Kampus utama terletak di Jurong, daerah sebelah barat daya Singapura dan kampus kedua terletak di daerah utara dekat Biopolis. Kampus utama seluas 200 hektar merupakan kampus terbesar di Singapura. Lokasi kampus cukup strategis untuk diakses melalui bus, MRT maupun kendaraan pribadi.

Program dan Fakultas
Pilihan program yang ditawarkan oleh NTU cukup beragam. Untuk program sarjana NTU memiliki program double degree, di mana lulusan sarjana lulus dengan 2 gelar sarjana sekaligus. Selain itu, juga ada Intergrated program, yang mana program S1 berdampingan langsung dengan S2, sehingga lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana dan Master di akhir pendidikannya. NTU juga menawarkan program Sarjana paruh waktu bagi mereka yang ingin mengejar gelar Sarjana tanpa meninggalkan pekerjaan mereka.

Program Pascasarjana yang ditawarkan NTU meliputi: Graduate Diploma, Master dan Doctoral. Ada dua jalur untuk menempuh program Pascasarjana di NTU yakni: Coursework & Dissertation dan Research. Coursework & Dissertation maksudnya menyelesaikan program Pascasarjana dengan mengikuti kelas lecture dan tutorial serta menyelesaikan ujian secara tertulis. Sedangkan Research berarti Program Pascasarjana ditempuh dengan menyelesaikan sebuah riset di bidang yang sesuai dengan jurusan.

NTU memiliki 4 disiplin besar yang terbagi menjadi 12 fakultas. Keempat disiplin tersebut adalah: College of Business ( Nanyang Business School), College of Engineering, College of Humanities, Art & Social Sciences dan College of Science.

College of Business atau dikenal juga dengan nama Nanyang Business School  (NBS) merupakan satu dari sekian sekolah bisnis papan atas tingkat dunia. The Financial Times menempatkan NBS dalam 100 universitas unggulan dengan program MBA terbaik. Fakultas di NBS terbagi menjadi 6 divisi, yakni: Accounting, Banking & Finance, Business & Law, Information Technology & Operations Management, Strategy Management & Organization, dan Marketing & International Business.

College of Engineering yang didirikan pada tahun 2001 ini memiliki 5 fakultas yaitu: School of Chemical & Biochemical Engineering, School of Civil & Environmental Engineering, School of Computer Engineering, School of Electrical & Electronic Engineering, dan School of Mechanical & Aerospace Engineering. Secara total 5 fakultas besar ini terbagi menjadi total 17 jurusan.

College of Humanites, Art & Social Sciences merupakan college pertama di Singapura yang menawarkan program sarjana di bidang seni, desain dan interactive digital media. College ini dibagi menjadi tiga fakultas, yaitu: School of Art, Design & Media, School of Humanities and Social Sciences, dan Wee Kim Wee School of Communication & Information.

College keempat yang dimiliki NTU adalah College of Science. College ini merupakan satu-satunya yang menawarkan jalur program Honours untuk jurusan-jurusan sains, fisika dan matematika secara langsung di Singapura. Terdiri dari dua fakultas, School of Biological Sciences dan School of Physical & Mathematical Science. College of Science juga berkolaborasi dengan Beijing University of Chinese Medicine di Cina melalui program double degree East meets West yang mengkombinasikan jurusan pengobatan medis dan pengobatan tradisional Cina.

Biaya
Biaya kuliah per tahun yang diperlukan untuk dapat belajar di NTU berkisar antara S$27,000- S$ 31,000 ( sekitar Rp. 190- 220 juta) untuk program sarjana. Bagi yang ingin belajar dengan biaya lebih murah, NTU mengadakan program kerjasama dengan perusahaan-perusahaan Singapura. Melalui program ini, mahasiswa NTU bisa membayar kuliah jauh lebih murah, yakni sekitar. Adapun syaratnya, setelah lulus, mahasiswa tersebut akan terikat kontrak kerja selama tiga tahun dengan salah satu perusahaan di Singapura. Dengan menempuh jalur alternatif ini, mahasiswa hanya perlu membayar sekitar 50% lebih murah dari biaya kuliah standar.

Untuk program pascasarjana, biayanya bervariasi dari antara S$6,000- S$31,000 ( sekitar Rp.42-220 juta) tergantung program dan tipe yang diambil. NTU berkolaborasi dengan organisasi internasional seperti ASEAN dan APEC juga menawarkan banyak jalur beasiswa untuk program pascasarjana, baik untuk Master maupun Doctoral. Tidak hanya itu, NTU juga telah menjalin kerjasama dengan Massachusets Institute of Technology (MIT) dalam membuka program beasiswa riset di bidang sains dan tehnik.

topuniversities.com | ntu.edu.sg

maddie

Author: maddie

Penulis adalah seorang ibu satu anak yang cukup health-conscious, punya big passion di bidang baking, tarik suara. dan scrapbooking. Lulusan Food Science yang terlanjur jatuh cinta dengan dunia tulis menulis.

Share This Post On

6 Comments

  1. Selamat siang
    saya mau bertanya mengenai NTU ini
    kalau nanti saya mengambil untuk biaya yang lebih murah, otomatis akan terikat kontrak kerja selama 3 tahun, apakah itu tetap dibayar dgn gaji atau hanya kerja sebagai ganti karena saya mengambil biaya kuliah yang murah.

    mohon di tunggu jawabannya,
    Terimakasih

    salam hormat
    Melda

    Post a Reply
  2. itu biayanya hingga lulus atau hanya per tahunnya segitu?

    Post a Reply
  3. I love universitas nanyang and I want go to there but nothing to hepl me. god,,,,,,
    I want go to NTU, Help me,,,,!

    Post a Reply
  4. thanks very much,
    i need more information about NBS” Admission.
    thank you.

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>