Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

stis - amudisaragih.wordpress.com

Jika membahas mengenai Perguruan Tinggi yang memiliki ikatan dinas, sebagian besar orang akan langsung mengarahkan pembahasan tersebut dengan mengambil Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) sebagai contoh. Di kalangan masyarakat STAN cukup dikenal dengan sekolah ikatan dinas yang cukup banyak diminati oleh para siswa lulusan SMA/sederajat karena fasilitas yang ditawarkannya seperti biaya kuliah gratis, uang saku, dan jaminan kerja hingga akhir hayat. Ya, memang benar STAN merupakan salah satu sekolah kedinasan, tetapi Anda perlu mengetahui juga bahwa di Indonesia terdapat banyak sekali sekolah kedinasan yang ada, salah satunya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

STIS adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Perguruan tinggi kedinasan yang terletak di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli statistik untuk selanjutnya berkarir di BPS.

STIS yang awalnya bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang memiliki program D-IV (setara S1) yang dikelola oleh BPS sejak tanggal 11 Agustus 1958. Visi dari STIS ini adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistikdengan mendidik kader yang memiliki memampuan akademik dan profesional. Dengan visi tersebut diharapkan para lulusan STIS mampu melakukan analisis di bidang ekonomi sosial serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi yang berbasis komputasi.

Beberapa kalangan yang telah mengetahui keberadaan STIS seringkali membandingkan STIS dengan STAN. Berbagai pendapat bermunculan, namun kita tetap tidak bisa mengklaim suatu objektivitas bahwa salah satu dari keduanya lebih baik. Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan jika Anda atau anak Anda ingin memilih suatu Perguruan Tinggi adalah dengan mengikuti kata hati yang tepat sesuai dengan minat dan bakat serta cita-cita yang ingin dicapai.

Cukup membuka wawasan Anda bukan? STIS dan STAN hanyalah salah satu dari sekian banyak Perguruan Tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. Seperti halnya perguruan tinggi lain, sekolah kedinasan juga memiliki banyak jurusan atau program studi yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan bakat dari para calon mahasiswanya.

Stis.ac.id

Author: Tirta Nahari

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>