Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah atau lebih dikenal dengan nama UIN Jakarta merupakan sebuah kampus yang bernafaskan Islam yang dimiliki oleh Kementrian Agama. Universitas Islam terbesar dan paling berpengaruh di kalangan akademisi Indonesia ini memiliki berbagai hal yang patut dipertimbangkan untuk dipilih sebagai kampus dalam melanjutkan studi setelah menyelesaikan bangku sekolah menengah atas.

www.uinjkt.ac.id

 

Sejarah

Keberadaan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta adalah buah perjuangan panjang umat Islam Indonesia. Bermula dari lembaga akademi dinas dengan nama ADIA (Akademi Dinas Ilmu Agama) tahun 1957-1960, kemudian menjadi salah satu Fakultas IAIN Al-Jami`ah Al-Islamiyyah Al-Hukumiyyah yang berpusat di Yogyakarta (1960-1963) dan sebagai IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1963, sampai resmi menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2002 tanggal 20 Mei 2002.

Sebagai salah satu kampus Islam tertua di Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah menjadi pusat belajar para mahasiswa yang ingin lebih mendalami pendidikan agama. Dengan lokasi yang strategis di ibukota Jakarta, memudahkan akses untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan mengenai pendidikan keagamaan. UIN Syarif Hidayatullah pada akhirnya menjadi lembaga yang tidak hanya bergerak di bidang pendidikan keagamaan saja tetapi juga bidang sosial kemasyarakatan.

Dalam perkembangannya UIN Syarif Hidayatullah menjadi kampus yang memiliki berbagai jurusan umum tidak hanya jurusan keagamaan saja. Sesuai dengan tujuannya yang menginginkan penyatuan agar tidak ada pengkotak-kotakan antara ilmu agama dan ilmu umum. Hal ini dapat membantu menunjukkan pada dunia bahwa Islam tidak sempit dan dapat berbaur dengan berbagai komunitas. Terbukti dengan diterimanya mahasiswa yang beragama selain muslim di jurusan-jurusan umum.

Fakultas dan Jurusan

Sebagai bentuk reintegrasi ilmu, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak tahun akademik 2002/2003 menetapkan nama-nama fakultas dan jurusan sebagai berikut:

1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
2. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
3. Fakultas Adab dan Humaniora
4. Fakultas Syari’ah dan Hukum
5. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
6. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
7. Fakultas Sains dan Teknologi
8. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
10. Fakultas Dirasat Islamiyah
11. Fakultas Psikologi
12. Sekolah Pasca Sarjana, ada sembilan program studi yang dimiliki
UIN Jakarta untuk sekolah pascasarjana, diantaranya akan bergelar
MA.Ked (Magister Agama bidang kedokteran), MA.Hum (Magister Agama
bidang humaniora), dll.

Terdapat program double degree baik bagi mahasiswa S1 maupun S2. Double degree ini merupakan penyelenggaraan pendidikan yang memungkinkan peserta program dapat memperoleh double gelar dari universitas yang berbeda. Syarat dan ketentuan berlaku jika Anda ingin mengambil program ini.

Fasilitas

Pusat Laboratorium Terpadu (PLT)
Pusat Layanan Psikologi (PLP)
Asrama Mahasiswa
HotSpot
Pendaftaran Online
Pusat Kesehatan
Perpustakaan
Beasiswa

Biaya Kuliah

Biaya kuliah UIN Jakarta tahun ajaran 2012 berkisar antara Rp.1-2 juta per semesternya. Kecuali untuk kelas internasional mencapai Rp.10 juta per semester dan untuk jurusan kedokteran mencapai hingga Rp. 20 juta per semester.

Kerjasama Internasional

Beberapa universitas luar negeri yang mengadakan kerja sama dengan UIN Jakata diantaranya adalah Fukuoka University Japan, Universitas Kebangsaan Malaysia, dan Deakin University Australia.

Beasiswa

Tahun 2012 UIN Jakarta memiliki proram beasiswa bernama ‘Bidik Misi’ yang akan memberikan beasiswa pada 150 mahasiswa di berbagai fakultas yang ada, terkecuali Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Program Studi (Prodi) kelas internasional. Jumlah penerima beasiswa pada tiap fakultas berbeda-beda tergantung dari pengajuan fakultas pada rektorat. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut dapat membuka situs UIN dan melakukan pendaftaran secara online.

Contact UIN

Untuk memudahkan dalam mencari informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi:

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat 15412
Telepon: (021) 7401925, (021) 7443329;
Fax: (021) 7402982
Email: info@uinjkt.ac.id;
Website: www.uinjkt.ac.id

Inonk

Author: Inonk

Share This Post On

8 Comments

  1. ass, saya PNS dari D3 farmasi, rencana tahun ini mo tubel di UIN. tux tahun 2014 terima transfer dari D3 ke S1 farmasi gak ya, syarat dan cara mendaftarnya ? trims

    Post a Reply
  2. Insya Allah jika Allah meridhai niat saya serta mencukupkan rezeki saya, maka saya ingin melanjutkan program S.2 di bidang HRD dan Marketing, amien……

    Post a Reply
  3. semoga saya bisa masuk UIN (Kedokteran dan ilmu kesehatan ) melalui SNMPTN tahun 2014 aamiiin . minta doanya .

    Post a Reply
  4. semoga Allah meridhoi saya untuk melanjutkan ke UIN jakarta untuk mengambil fakultas Syari’ah dan Hukum :) Aamin..

    Post a Reply
  5. Rasanya ingin masuk Magister Psikologi UIN Jakarta deh…!

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>