Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Belajar di Kampus Berhawa Pegunungan

Unsoed Purwokerto

Sebagai salah satu kota pelajar di Jawa Tengah, Purwokerto tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya seperti Semarang dan Yogyakarta juga mempunyai sebuah perguruan negeri bernama Universitas Jenderal Soedirman. Jika kamu menginginkan kuliah dengan suasana belajar sambil menikmati hawa pegunungan Gunung Slamet yang lumayan dingin, biaya kost terjangkau dan jauh dari hiruk pikuk kota besar, Universitas Jenderal Soedirman bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat.

Sejarah
Universitas Jenderal Soedirman atau lebih dikenal dengan nama Unsoed Purwokerto didirikan tanggal 23 September 1963 yang disahkan secara resmi berdasarkan Keputusan Presiden RI No.195 tahun 1963. Awal mulanya Universitas yang berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah ini hanya memiliki 3 fakultas saja, yaitu fakultas Ekonomi, fakultas Pertanian dan fakultas Biologi yang merupakan pelimpahan dari UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang.

Sesuai yang telah diamanatkan di dalam Pembukaan UUD 1945 dan atas masukan serta keinginan dari masyarakat, tokoh Kabupaten Banyumas yang menginginkan Banyumas mempunyai sebuah universitas, maka untuk mewujudkannya didirikanlah Yayasan Universitas Jenderal Soedirman. Pendirian Yayasan Unsoed ini diperkuat berdasarkan Akte Notaris No.32 Tanggal 20 September tahun 1961. Kemudian setelah lama berdirinya Yayasan akhirnya berganti nama resmi menjadi Universitas Jenderal Soedirman  melalui Surat Keputusan Presiden RI No.195 tanggal 23 September 1963. Peresmian berdirinya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dilakukan oleh Menteri PTIP kala itu Prof. Dr. Toyib Hadiwidjaja di rumah Dinas Residen Banyumas.

Visi dan Misi
Universitas Jenderal Soedirman dengan mengusung slogannya World Class Civic University berupaya menjadi universitas berstandar internasional dan selalu ingin menunjukkan peran pentingnya dalam memajukan dunia pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia yang arif dan unggul dalam ilmu pengetahuan, seni, budaya lokal dan teknologi yang terus berkelanjutan. Unsoed pada saat ini dipimpin oleh Prof. Edy Yuwono, Ph.D sebagai rektor, semakin berkembang pesat dan kini sudah memiliki 11 program D3, 3 program profesi, 34 program studi S1 dan 9 program S2.

Fakultas dan Program Studi
Terdapat 8 fakultas dengan masing-masing jurusan dan program studinya seperti berikut ini:

  • Fakultas Pertanian. Adalah fakultas paling tua di Universitas Jenderal Soedirman. Visi dari fakultas pertanian menjadikan lulusannya unggul dalam penguasaan dan pengembangan ilmu pertanian, khususnya dalam pemanfaatan lahan kering yang berwawasan agribisnis. Di fakultas pertanian terdapat 4 jurusan untuk program studi S1 yakni agribisnis, agroteknologi, teknik pertanian serta ilmu teknologi pangan. Juga terdapat program D3, perencanaan sumber daya lahan dan agrobisnis.
  • Fakultas Biologi. Pada awalnya, fakultas Biologi terdiri dari dari 3 jurusan yaitu zoologi, biologi umum dan botani. Namun seiring dengan perkembangannya, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.60 tahun 1999 ketiga jurusan tadi dihilangkan dan saat ini digabung menjadi 1 jurusan saja yakni ilmu biologi. Juga terdapat program D3 untuk pengelolaan sumber daya perikanan, program S2 dan program S3 ilmu biologi.
  • Fakultas Peternakan. Fakultas ini resmi berdiri pada 10 Februari 1966 dengan fokus untuk mengembangkan sains produksi, pakan, nutrisi, dan teknologi peternakan. Fakultas peternakan terdiri dari 3 program studi masing-masing D3 produksi ternak, S1 dan S2 peternakan.
  • Fakultas Ekonomi. Didirikan pada 9 Oktober 1963 dan pada awalnya hanya terdapat 2 jurusan, ekonomi pertanian dan ekonomi perusahaan. Dulu sebagian besar pengajarnya didatangkan dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Saat ini sudah mempunyai 3 jurusan dan program studi S1 serta S2 untuk manajemen, akuntansi dan ilmu ekonomi studi pembangunan. Sedangkan program D3 ada akuntansi, administrasi keuangan, bisnis internasional dan kesekretariatan.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) resmi dibuka pada 17 Mei 1984 dengan adanya SK Dirjen Dikti No. 20/DIKTI/Kep/1984. Saat ini mempunyai 5 jurusan diantaranya ilmu komunikasi, administrasi negara, ilmu politik, hubungan internasional dan ilmu budaya. Fasilitas yang disediakan oleh Fisip berupa laboratorium komputer dan bahasa serta perpustakaan.
  • Fakultas Hukum. Untuk kamu yang ingin berkecimpung dan menyukai bidang hukum, bisa memilih fakultas ini. Sebelum berdirinya fakultas hukum, Unsoed terlebih dahulu berkonsultasi dengan fakultas hukum yang sudah terlebih dulu ada seperti Universitas Indonesia, Universitas Pajajaran dan Universitas Diponegoro.
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Saat ini Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sudah menyelenggarakan 4 jurusan, terdiri dari kesehatan masyarakat, kedokteran, farmasi dan keperawatan.
  • Fakultas Sains dan Teknik. Fakultas ini merupakan peleburan dari 3 program sarjana, yaitu teknik, MIPA, perikanan dan kelautan. Dari 3 jurusan itu mengelola 11 program studi.

Fasilitas
Kampus Unsoed menyediakan berbagai fasilitas yang memadai dan sangat menunjang kegiatan belajar seperti :

  • Career and Entrepreneurship Advisory Center (CEAC)
  • Wisma tamu
  • Asrama mahasiswa
  • Auditorium
  • Hotspot area
  • Sarana olahraga
  • Poliklinik

Kerjasama Internasional
Kerjasama juga terjalin erat dengan perguruan tinggi dan lembaga di luar negeri untuk studi banding dan menyalurkan mahasiswa berprestasi antara lain Leibniz Center for Tropical Marine Ecology (ZMT) Univerity of Bremen, University Guelph Canada, The University of Tokyo Japan dan Leiden University Belanda.

Unit Kegiatan Mahasiswa
Bagi kamu yang ingin mengembangkan kreatifitas, Universitas Jenderal Soedirman menyediakan Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) untuk menyalurkan hobi kamu dan belajar berorganisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), UKM seni (band, teater, paduan suara), UKM Olahraga (sepakbola, bulutangkis, renang, dll), UKM bela diri (taekwondo, judo, karate) sertaUKM lain (mapala, fotografi, dll).

Lokasi dan Website
Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi :
Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Jl. HR. Bunyamin 708 Purwokerto
No Telp : (0281) 635292
Email : info@unsoed.ac.id
Website : www.unsoed.ac.id

Awe Winarso

Author: Awe Winarso

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>