Universitas Kristen Petra Surabaya

foto: dkv3.petra.ac.id

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya menjadi salah satu kota tujuan bagi para calon mahasiswa dari luar kota maupun luar pulau di Indonesia. Karenanya, banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta didirikan di kota pahlawan ini, tak terkecuali Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya. Dengan berbagai fasilitas modern di sekitar lokasi kampus, menjadikan kampus UK Petra sebagai salah satu institusi perguruan tinggi swasta terbaik di Surabaya.

Sejarah

Pada awalnya, Universitas Kristen Petra Surabaya, atau yang lebih dikenal dengan nama UK Petra ini berawal dari sebiah lembaga pendidikan yang mengkhusukan diri dalam pendidikan taman kanak-kanak hingga menengah. Lembaga ini bernama Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra (PPPK Petra), dan telah beroperasi sejak 12 April 1951. Yayasan pendidikan ini pun berkembang seiring dengan keinginan para pendirinya untuk menyelenggarakan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Setelah melalui beberapa proses dan pembentukan panitia persiapan pendirian perguruan tinggi Kristen, maka secara resmi Universitas Kristen Petra didirikan bertepatan dengan diesnatalis PPPKPetra yang ke-10, pada tanggal 22 September 1961. Sebagai permulaan , UK Petra hanya memiliki satu fakultas, yaitu fakultas sastra. Namun pada tahun 1962, pihak universitas mendirikan fakultas teknik sipil. Para dewan pengurus universitas kemudian mengembangkan langkah untuk memajukan universtas dengan membentuk Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK Petra) pada tahun 1964 sebagai dewan pengurus universitas dengan didukung 6 gereja Protestan di Surabaya. Sampai saat ini, UK Petra telah beroperasi selama 46 tahun, dan telah mencetak lebih dari 20.000 alumni, yang sebagian besar berprofesi sebagai wirausahawan.

Website

UK Petra Surabaya

Lokasi Kampus

Kampus UK Petra menempati beberapa gedung di Surabaya, yakni Kampus Barat, Kampus Utama, dan Kampus Timur, dengan kampus utama yang terletak di Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya. Di kampus Barat, terletak Gedung T, dan ditempati oleh fakultas Ekonomi. Sedangkan untuk kampus Utama, yang sekaligus menjadi bangunan paling tua, meliputi gedung A, B, C, D, E, EH, K, dan W, dan ditempati oleh fakultas sastra, ilmu komunikasi, dan program pasca sarjana. Sementara untuk kampus Timur, terdapat gedung P,I, dan J, yang ditempati oleh fakultas teknik sipil, teknologi industri, dan fakultas seni.

Jurusan dan Program Studi

Sampai saat ini, UK Petra memiliki 6 fakultas dan satu program pasca sarjana. Di bidang ekonomi, universitas ini menawarkan program studi akuntansi, manajemen, serta bisnis manajemen. Tak hanya itu, UK Petra juga menawarkan program studi di bidang seni dan desain yang bisa kamu pilih, seperti desain interior dan juga desian komunikasi visual, yang jarang ditemui di universitas lain di Indonesia. Namun tak hanya itu, selain menyediakan pendidikan bergelar, UK Petra juga menawarkan pendidikan non-gelar serta program profesional bagi para lulusan SMA dan SMK, yang bernama Continuing Education Centre, Pusat Pendidikan Bahasa, Independent Learning Center, dan English Language Teaching Center.

Staff / Mahasiswa

Mahasiswa UK Petra tak hanya berasal dari kota Surabaya, namun juga berasal dari kota-kota lain di Indonesia. Saat ini, sebanyak 9.000 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa aktif di UK Petra. Beragam fasilitas dan program kegiatan pun diselenggarakan untuk membuat para mahasiswa menjadi lebih aktif seperti HIMA, BEM, BPMF, dengan beragam kegiatan di bidang seni, olahraga penalaran, dan lain-lain.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah di UK Petra bervariasi tergantung dari jurusan apa yang kamu ambil. Untuk uang sumbangan masuk (USM), berkisar antara RP 3.000.000 – RP 19.000.000 dan bisa diangsur 5 kali selama 5 bulan berturut-turut. Untuk SPP sendiri, biaya yang harus dikeluarkan antara Rp 3.000.000 – Rp 12.000.000 yang harus dibayar per semester. Mahasiswa juga diwajibkan membayar uang daftar ulang setiap tahunnya sebesar RP 375.000.

Fasilitas

Selain ditunjang dengan infrastruktur yang memadai di sekitar kampus, UK Petra juga menyediakan berbagai faislitas penunjang perkuliahan seperti:

  1. Layanan jurnal online (ABI/Inform, ProQuest)
  2. Layanan jurnal ilmiah UK Petra
  3. Poliklinik umum
  4. Poliklinik gigi
  5. Percetakan
  6. Toko buku
  7. Perpustakaan
  8. LPPM
  9. Pusat karir
  10. Swalayan
  11. Bank
  12. Dll

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

  1. Jalur Prestasi: Diselenggarakan dengan pelajar dari sekolah (SMA) mitra UK Petra yang berprestasi
  2. Jalur Kerjasama: Diselenggarakan dengan sekolah (SMA) mitra UK Petra
  3. Jalur Umum:  Terbuka bagi seluruh calon mahasiswa dari SMA/SMK dari sleuruh Indonesia.

Beasiswa

Berbagai beasiswa dari UK Petra disediakan untuk mahasiswa berprestasi di bidang akademik, maupun lainnya, seperti

  1. Beasiswa ekonomi lemah (gratis biaya USPP semester 1, dan beasiswa diberikan unutk 3 semester berikutnya untuk program S1)
  2. Beasiswa putra/putri pendeta (keringanan membayar USPP sebanyak 50%, dan berikutnya selama 8 semester untuk program S1)
  3. Beasiswa Olahragawan (bebas biaya USM)

Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional yang diselenggarakan UK Petra bertujuan untuk meningkatkan mutu SDM serta, meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat nantinya.

    1. Partnership
    - ACUCA
    - InCUVL

    2. International Cooperation

Diselenggarakan bagi mahasiswa yang ingin melnajutkan studi atau melakukan riset ke luar negeri, yang bekerjasama dengan universitas-universitas lain di Asia dan Eropa seperti Asian Institute of Technology (AIT) Bangkok, Dongseo University Korea, Chrstelijke Hogeschool Noord (CHN), Lauwarden, The Nederlands, Curtin University Australia, serta asosiasi universitas Kristen di Asia.

Riset Internasional

UK Petra juga membuka kesempatan bagi para mahasiswanya untuk melakukan penelitian, yang bekerjasama dengan Harvard Kennedy School: Rajawali Foundation Institute for Asia, HKS Indonesia Program. HKS Indonesia program memfokuskan diri kepada pengembangan proyek penelitian mengenai tantangan dalam mengembangkan program pendidikan di Indonesia. Program ini juga mendukung mahasiswa Indonesia untuk belajar di Harvard, sekaligus melakukan proyek penelitian.

 

ash.harvard.edu | pmk-online.petra.ac.id| petra.ac.id

lubnamelia

Author: lubnamelia

Share This Post On

1 Comment

  1. i’m from Sint Carolus and i want to join with UKP.
    I want to ask you about scholarship from sports, what is tht mean?
    If I’m join in Pacific Caesar Club basketball, Can I get scholarship sports?
    ut I’m not join DBL

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>