Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta merupakan pecahan dari kampus tertua di Indonesia yakni, Universitas Indonesia. Pembentukan UNJ didasari pertimbangan pemerintah Indonesia pada masa setelah kemerdekaan, yang merasa bahwa tenaga pendidik di berbagai jenjang tidak mencukupi. Tak hanya itu, keberadaa lembaga pendidikan pun masih dirasa kurang. Untuk itu dibentuklah lembaga pendidikan singkat (kursus) B-I, B-II, dan PGSLP sekitar tahun 1950-an di Jakarta.

Langkah yang ditempuh pemerintah dalam memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan tidak setengah-setengah. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) pada tahun 1954 di empat kota, yakni Batusangkar, Manado, Bandung, dan Malang. Pada 1957, PTPG diintegrasikan ke dalam FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) di universitas terdekat. Lalu disusul dengan Kursus B-I dan B-II yang bergabung dengan FKIP pada 1963 untuk menghasilkan guru sekolah menengah. Pada tahun 1963 pula, Kementerian Pendidikan Dasar mendirikan IPG (Institut Pendidikan Guru) yang bertujuan untuk menghasilkan guru sekolah menengah.

Karena memiliki dua lembaga pendidikan yang bertujuan sama, maka ditetapkan penggabungan sistem antara FKIP dan IPG menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Penggabungan tersebut ditetapkan sebagai hari lahir IKIP Jakarta pada 16 Mei 1964. Setelah malang melintang di dunia pendidikan selama 35 tahun dengan nama IKIP Jakarta, pada tahun 1999 berdasakan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, IKIP Jakarta berubah nama menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Perubahan ini bertujuan agar IKIP lebih mengembangkan sayapnya di dunia pendidikan dan non kependidikan.

Fakultas dan Jurusan

Terdapat tujuh fakultas dan program pascasarjana di UNJ dengan masing masing jurusan di dalamnya, yakni:

Fakultas Ilmu Pendidikan merupakan fakultas favorit tujuan calon mahasiswa yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa di UNJ. Terdapat sembilan jurusan yang dinaungi oleh FIP yakni, Manajemen Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Bimbingan Konseling, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak, dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam memiliki empat jurusan yang terdiri dari jalur pendidikan dan non kependidikan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Bagi yang menyukai dunia eksakta disinilah tempatmu bergelut dengan angka-angka.

Fakultas Teknik tersedia empat jurusan yakni Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Semenjak tahun 2011, fakultas ini menambah Program Studi Fire Protection and Safety Engineering yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang handal sebagai tenaga pemadam kebakaran.

Fakultas Ilmu Sosial ada lima jurusan yang dinaunginya, yakni Ilmu Sosial Politik, Geografi, Sosiologi, Sejarah, dan Studi Islam. Fakultas ini cocok untuk orang yang senang bersosialisasi.

Fakultas Ekonomi memiliki tiga jurusan yaitu Akuntansi, Manajemen, serta Ekonomi dan Administrasi. Bagi yang ingin menjadi perubah ekonomi Indonesia di sini dipelajari mata kuliah mengenai ekonomi dan bagaimana menjadi ekonom yang baik dan bijak.

Fakultas Bahasa dan Seni menyediakan delapan jurusan yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa untuk belajar di UNJ. Jurusan-jurusan tersebut adalah Bahasa Jerman, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Arab, Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Musik. Fakultas ini ditujukan bagi mereka yang senang berbahasa dan memiliki jiwa kesenian yang tinggi.

Fakultas Ilmu Keolahragaan memiliki Jurusan Antropokinetika (mengembangkan kegiatan olah raga yang menyenangkan agar masyarakat mau dan tertarik untuk melakukan olah raga), Sosiokinetika (pengembangan SDM, IPTEK dan penelitian di bidang pendidikan Jasmani dan keolahragaan), dan Somatokinetika (pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi kepelatihan keolahragaan).

Program Magister yang diselenggarakan UNJ adalah Teknologi Pendidikan (TP), Pendidikan Olahraga (POR), Pendidikan Bahasa (PB), Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Administrasi Pendidikan (AP), Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), dan Pendidikan Sejarah, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Manajemen Pendidikan.

UNJ menyelenggarakan dua jenis pendidikan dalam pelaksanaannya, yakni jurusan yang nantinya bergerak di bidang pendidikan dan jurusan non kependidikan. Untuk jurusan kependidikan tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, UNJ merupakan gudangnya calon-calon pendidik berkualitas di negeri ini. Berbagai guru jenjang pendidikan mulai dari PAUD, sekolah dasar, menengah, dan atas di lahirkan oleh kampus yang terletak di Rawamangun ini. Sedangkan untuk bidang non kependidikan, setelah ditetapkan mandat mengenai perubahan status dari institut menjadi universitas, maka diperluas pula jurusan-jurusan lain selain kependidikan, seperti jurusan pada Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Sosial.

Kegiatan Mahasiswa UNJ

Kegiatan mahasiswa UNJ merupakan wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kreativitas dan ingin mengaktualisasikan dirinya. Ada berbagai jenis kegiatan yang dapat dipilih dan diikuti dalam rangka mengembangkan bakat dan minat mahasiswa diantaranya adalah:

1. Unit Kesenian Mahasiswa (UKM)
Unit Kesenian Mahasiswa (UKM) merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang kesenian di UNJ. Bertujuan untuk memfasilitasi dan mengakomodir para mahasiswa yang berminat dalam meningkatkan apresiasi seni dan mengembangkan bakat dan keseniannya.
2. Kelompok Mahasiswa Peminat Fotografi (KMPF)
KMPF merupakan wadah bagi mahasiswa yang menyukai fotografi dan seluk beluk di dalamnya.
3. Unit Kegiatan Oleh raga (UKO)
Bagi mahasiswa yang gemar berolah raga tetapi tidak ingin masuk dalam Jurusan Olah Raga, disini lah tempat untuk menunjukkan kebolehan di bidang olah raga. Berbagai cabang olah raga terdapat di dalam UKO ini, diantaranya sepak bola, bola basket, sepak takraw, pencak silat, hockey, tae kwon do, karate, atletik, dayung, gulat, anggar, panahan, senam aerobik, panjat tebing, base ball.
4. Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika (LPM Didaktika)
Berangkat dari idealisme dan jiwa muda mahasiswa, didirikanlah LPM Didaktika yang bertujuan untuk menyuarakan aspirasi mahasiswa UNJ atas kebijakan-kebijakan yang dimiliki kampus atau mengabarkan kejadian yang ada di dalam kampus.
5. Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra (KMPA-Eka Citra)
Bagi yang memiliki jiwa petualang dan mencintai alam, dapat bergabung dengan organisasi KMPA Eka Citra. Beragam kegiatan yang berhubungan dengan alam dan petualangan dihadirkan melalui kegiatan-kegiatan yang sering diadakan.
6. Resimen Mahasiswa (Menwa)
Resimen Mahasiswa atau biasa disingkat Menwa adalah kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan semangat patriotisme dan nasionalisme.
7. Racana (Pramuka)
Racana merupakan organisasi di bidang kepramukaan tingkat universitas dengan jenjang pandega.

Fasilitas

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan UNJ untuk membuat mahasiswa nyaman belajar di sini, yakni:
Bank (BNI dan Bukopin)
Poliklinik
Kafetaria
Gedung Kemahasiswaan
Wisma UNJ
Gedung Sarana Olahraga
Gedung Serbaguna
Pusat Komputer dan Internet
Perpustakaan Pusat

Laboratorium:Teknologi Pendidikan, Bimbingan Konseling, Elektronika, Geometri dan Mekanik, Kimia, Geomekanik, Uji Material, Desain Busana, Kuliner, Kecantikan, Pengetahuan Sosial, Fisika, Biologi, Olahraga, Akutansi, Kesekretariatan, Manajemen, Koperasi, Sosial Politik, Geografi, Bahasa dan Komputer.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi:
Telp 021-4893854, 021-489-0046
Fax 021-4893854
Email unj@unj.ac.id
Website http://www.unj.ac.id

Author: Inonk

Share This Post On

4 Comments

  1. Psikologi unj harus ips atau boleh ipa

    Post a Reply
  2. Permisi,,akuu mau tanya,
    Apa Di UNJ fakultas ekonomi hnya non kependidikan ​​??
    Kalo buat fkip ekonomi/akuntansi nya gak αϑα???
    Terima kasih

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>