Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

foto:www.unesa.ac.id

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ini adalah satu dari tiga perguruan tinggi negeri yang dimiliki Indonesia yang berada di kota pahlawan, Surabaya. Didirikan untuk “mengganti” IKIP Surabaya, perguruan tinggi ini menjadi salah satu pilihan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di Surabaya. Dalam perkembangannya, Unesa menduduki peringkat ke 4.069 versi 4icu, dan peringkat ke 4236 menurut versi Wbometrics se-dunia.

Website

www.unesa.ac.id

Sejarah

Berawal dari nama IKIP Surabaya, institusi ini awalnya hanya menyelenggarakan kursus-kursus untuk memenuhi tingkat kebutuhan tenaga pengajar di Indonesia di tingkat SMP dan SMA yang bernama kursus B-I dan B-II. Kursus tanpa gelar ini meliputi berbagai bidang seperti bahasa inggris, bahasa jerman, teknik, ekonomi, perniagaan, dan lain-lain, yang berlangsung dari tahun 1950 sampai tahun 1960 dengan meminjam ruangan kelas serta laboratorium milik Belanda pada saat itu, yakni Hoogere Burger School atau HBS. Pada tahun 1960, kursus-kursus tersebut dimasukkan ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Airlangga dan berada di dua cabang universitas, yakni di Malang dan Surabaya. FKIP kemudain berganti nama menjadi IKIP yang berdiri sendiri pada tanggal 19 Desember 1964. Di tahun ini, IKIP Surabaya memiliki lima fakultas, dan menambah satu lagi pilihan fakultasnya di tahun 1977. Nama IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 4 Agustus 1999, dan memiliki enam fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas teknik (FT, dan Fakultas Ilmu keolahragaan (FIK). Unesa juga memiliki satu program pascasarjana. Karena sejarah Unesa tak bisa lepas dari IKIP Surabaya, maka keputusan diesnatalis Unesa ditetapkan pada saat IKIP Surabaya dibentuk, yakni pada tanggal 19 Desember 1964.

Lokasi Kampus

Unesa memiliki dua kampus utama. Yang pertama yakni terletak di Jl. Ketintang, dan yang kedua terletak di Jl. Lidah Wetan, Surabaya.

Fakultas dan Program Studi

Sebagai salah satu perguruan tinggi pilihan di Surabaya, Unesa memiliki beberapa fakultas dan program studi untuk menjadi pilihan para mahasiswa. Total, Unesa memiliki 63 program studi yang meliputi berbagai bidang dan dari jenjang D2, D3, S1, S2, sampai program doktoral (S3).

Di Bidang pendidikan, Unesa memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan berbagai jurusan seperti pendidikan luar biasa, PGSD, manajemen pendidikan, dll.

Sementara di bidang seni, beberapa jurusan disediakan seperti jurusan bahasa inggris, bahasa jerman, bahasa mandarin, bahasa jepang, bahasa daerah, serta bahasa Indonesia.

Di bidang sains dan teknologi, Unesa memiliki beberapa jurusan, yakni matematika, fisika, kimia, biologi, teknik elektro, teknik mesin, serta teknik sipil.

Sedangkan bagi kamu yang berminat di bidang perekonomian, Unesa juga mempunyai jurusan yang bisa dipilih seperti pendidikan ekonomi, akuntansi, serta manajemen.

Biaya Pendidikan

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Unesa, biaya pendidikan diperkirakan berkisar antara Rp 800.000 – Rp 8.000.000,-.

Fasilitas & Biro Lembaga

Untuk mendukung proses perkuliahan, masing-masing fakultas memiliki beragam fasilitas seperti ruang perkuliahan yang kondusif. Selain itu, terdapat pula berbagai macam fasilitas seperti:

  1. Laboratorium di masing-maisng fakultas
  2. Perpustakaan
  3. ATM
  4. Unit Lembaga Penelitian
  5. Asrama Mahasiswa (Putri)
  6. Lembaga Penelitian
  7. Lembaga Pengabdian Masyarakat

Penghargaan

  1. Juara I Kontes Robot Cerdas Indonesia di Universitas Gadjah Mada, 2009
  2. Juara III PIMNAS di Universitas Brawijawa, 2009
  3. Meraih 11 medali emas, 9 medali perak, dan 10 medali erunggu di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional, 2009
  4. Memperoleh 3 medali emas, dan 3 medali perak di Kejuaraan Nasional Pencak Silat Perisai Diri Piala Presiden, 2008
  5. Peringkat 6 nasional di Kontes Robot Indonesia
  6. Memeproleh medali perunggu di Kejuaraan Panjat Tebing Tingkat Asia X di Cina
  7. Runner-up di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN, 2004
  8. Memperoleh 1 medali perak dan 1 medali perunggu di ajang PIMNAS, 2004

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unesa memiliki beberapa UKM untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa. Diantaranya adalah bidang penalaran, bidang minat dan bakat, bidang kesejahtareaan, serta bidang kerohanian yang bisa diikuti para mahasiswa, sehingga hobi dan bakat para mahasiswa bisa tersalurkan dengan cara yang positif.

Gedung Perkuliahan Baru UNESA

Untuk meningkatkan kualitas perkuliahan, Rektor Unesa baru-baru ini meresmikan 4 gedung perkuliahan baru di Fakultas Ilmu Sosial (FIS), yakni Gedung I-1, I-3, I-5, dan I-7 pada tanggal 8 Februari 2012 yang lalu. Gedung representative baru ini diharapkan mampu membuat proses perkuliahan menjadi lebih kondusif. Peresmian gedung baru ini sekaligus melegaka para mahasiswa FIS yang sebelumnya harus melaksanakan perkuliahan di perpustakaan karena gedung tersebut sedang dalam tahap renovasi.
unesa.ac.id | dikti.go.id

lubnamelia

Author: lubnamelia

Share This Post On

7 Comments

  1. Aku mo nanya kalo disana bisa ga pindah semester 4 dengan fakultas yang sama ? Aku dari univ Nusa Cendana Kupang pengen banget pindah .. Apa ini dilihat akreditasinya yah ? Makasi sebelumnya, tolong di jawab ya :)

    Post a Reply
  2. kalau seandainy mau daftar bahasa daerah itu persyaratannya ap saja

    Post a Reply
  3. Di Unesa ada jurusan Teknik Desain Interior ?

    trus klo ada biaya persemesternya berapa ?

    Post a Reply
  4. biaya pendidikan buat fakulitas matematika tiap semester kira” berapa?

    Post a Reply
  5. Ssya mahasiswa murni belum kerja saya rencana kuliah lanjutkan s dua biologi di unesa, disini saya mintah persyartan untuk mau daftar saa dai papua.
    bisa kuliah jarak jauh apa tidak……………

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>