Nobody, Nobody But You – Fenomena Hallyu

freedigitalphotos.net

Judul Buku: Super Duper Korea Fever
Pengarang: Song Hyo Bin
Penerbit: Klik Publising, Yogyakarta (Cetakan Pertama Desember 2011)
Jumlah Halaman: 168 halaman

Kalian pasti kenal kan ama Miss A, 2NE1, SNSD, After School, SHInee,Super Junior dan sebagainya kan? Itu lho, girl band dan boy band Korea yang lagi ngetop-ngetopnya. Yah, memang sejak 2010, dunia dilanda demam Korea atau K-Pop atau Korean Wave atau Hallyu). Nggak cuma wilayah Asia, tetapi wabah K-Pop ini sudah sampe ke negara-negara Eropa bahkan Amerika Serikat.

Tidak semua orang memang bisa bahasa Korea, tetapi itu bukan masalah. Semua yang ”berbau” Korea, dari film, musik sampai trend berbusana menjadi hal yang wajib diketahui. Kemudahan mengakses informasi dari TV kabel hingga youtube membuat K-Pop mendunia, bahkan tiket konser K-Pop yang diadakan di Paris pada 10-11 Juni 2011 terjual habis dalam waktu 10 menit dan banyak penonton dari negeri tetangga seperti Spanyol dan Italia yang rela datang untuk menyaksikan konser tersebut.

Saking mendunianya K-Pop, bahkan sempat ada World K-Pop Festival Desember lalu di Changwon. Boy band dan girl band dari seluruh dunia berkompetisi di ajang ini Wakil Indonesia, NYE Boys menjadi wakil Indonesia dan sukses meraih penghargaan Honorable Mention. Acara ini terbilang sangat sukses dengan hadirnya lebih dari 10,000 penonton memenuhi Changwon Velodrome, tempat diadakannya acara tersebut.

Trend ini juga mempengaruhi peta musik Indonesia. Mulai dari tahun 2010 sampai 2011, kita melihat fenomena boy dan girl band yang mengadopsi K-Pop dan mereka ini berhasil memberi warna pada blantika musik Indonesia. Awalnya dari Smash dan 7Icon, sekarang sudah banyak grup serupa seperti Cherry Belle, Treeji, Princess, XO-IX dan sebagainya.

Gimana sih awalnya kok segitu hebohnya dunia ama hal-hal yang berbau KOREA? Apa rahasia sukses mereka sehingga mereka bisa ”menghipnotis” dunia dengan musik, film, fashion trend, gaya rambut dan lain-lain?

Sewaktu Korea Selatan mengalami krisis sekitar tahun 2000-an, pemerintah menyadari Hallyu bisa menjadi alat yang membangkitkan ekonomi negara dan ternyata terbukti sekarang. Menjelang, selama dan setelah Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan (dimana Korea Selatan sukses mencapai semi-final), drama-drama Korea sukses menembus pasar Asia, termasuk Indonesia. Serial yang populer antara lain adalah Winter Sonata dan Endless Love. Tetapi industri film Korea mulai mengalami kebangkitan sejak tahun 1998. Yang membuat drama Korea sukses di pasar Asia adalah faktor pemilihan alur cerita yang rumit, tetapi selalu ada inovasi di setiap episod sehingga penonton akan dibuat penasaran, lalu menampilkan norma dan adat istiadat (tidak seperti sinetron Indonesia yang lebih sering menampilkan sosok teraniaya), akting pemain yang natural dan tidak memaksakan menambah episode sekalipun serial itu lagi booming. Dan satu lagi…lagu untuk soundtrack juga mempengaruhi popularitas drama tersebut.

Nah, sekarang musik. Musik K-Pop sebenarnya adalah perpaduan dari beberapa jenis musik yang populer di Barat seperti R&B, hip hop dan electronic dance, yang membedakan mereka memadukan lirik berbahasa Inggris dan Korea.

Penampilan ala K-Pop artis juga mewabah. Celana warna warni plus asesoris serba bling-bling, potongan rambut asimetris menjadi trend dimana-mana.

Tetapi, fenomena Hallyu juga tidak selamanya berdampak manis. Tekanan popularitas, latihan yang tidak ada henti, jadwal padat membuat banyak artis terkenal Korea mengakhiri hidupnya. Menurut artis Park Jin-hee dalam disertasinya, 40 persen artis Korea menderita depresi, dan 20 responden sudah membeli alat atau racun untuk mengakhiri hidupnya. Serem kan?

Belum lagi wabah operasi plastik. Mindset mereka tentang cantik adalah hal yang berbau ”Barat”. Hidung mancung, kelopak mata besar. Tidak heran jika sebagian besar orang sebelum terjun ke dunia hiburan, menjalani operasi plastik dan pihak manajemen rela mengeluarkan dana besar untuk itu dan ironisnya…orang tua mereka mendukung tindakan tersebut.

Nah, ingin tau lebih dalam soal K-Pop dan artis-artisnya? Makanan Korea? Tempat-tempat unik di sana? Baca deh buku ini..

hallyucafe.com | busanhaps.com | hancinema.com | allkpop.com

Author: jasmeena

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>