SMKN 10 Bandung: Lewat Seni Harumkan Nama Propinsi

pelengkap. Tidak banyak yang menyadari bahwa anak-anak memerlukan wadah untuk menyalurkan kreativitas berkesenian mereka. Selain itu, sering kita mendengar orangtua yang kurang setuju jika anaknya memilih pendidikan kesenian karena khawatir masa depan akan suram. Apa benar pendidikan kesenian kurang populer?

SMKN 10 Bandung adalah salah satu sekolah yang membuktikan bahwa kesenian harus dipelajari secara total. Karena itulah sekolah kejuruan ini ada untuk menampung bakat-bakat seni agar menjadi seniman dan pekerja seni yang handal dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Berdiri tanggal 1 Oktober 1958 awalnya sekolah ini bernama Konservatori Karawitan Indonesia atau KOKAR Bandung, berlokasi di Jalan Buah Batu Bandung,yang sekarang menjadi lokasi STSI Bandung. Nama KOKAR secara resmi berubah menjadi Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Bandung dan tahun 1996 nama SMKI berubah menjadi SMKN 10 Bandung. Terdiri dari 5 jurusan, 4 jurusan pertunjukan yaitu Seni Karawitan (1958), Seni Tari (1975), Seni Teater (1990) dan Seni Musik Non-Klasik (1994) dan 1 jurusan Broadcast yang berdiri tahun 2010.


Sekolah ini secara sungguh-sungguh mempersiapkan anak didiknya menjadi seniman berkelas dunia. Sebagai contoh, di jurusan seni tari, siswa tidak hanya belajar tentang beragam tari tradisi Indonesia, tetapi juga beragam tari manca negara, dari gerakan bahkan hingga ke tata riasnya.


SMKN 10 Bandung juga menyadari pentingnya penggunaan multimedia sebagai media pembelajaran, oleh karena itu mereka juga mengajarkan bagaimana membuat pertunjukan tari berbasis multimedia bagi siswa seni tari atau membuat musik dengan program komputer untuk siswa jurusan musik non-klasik.


Sekolah ini juga ternama karena mengangkat nama propinsi Jawa Barat melalui prestasi-prestasi di bidang seni. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan perhatian khusus dengan mengunjungi sekolah tersebut tanggal 3 November lalu, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat Bpk.Wahyudin Zarkasy. Ahmad mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang sudah dicapai sekolah ini yang mengharumkan nama propinsi Jawa Barat. Kekaguman Gubernur Jawa Barat memang cukup beralasan. Oktober lalu, siswa dari jurusan Karawitan bernama Nurul Cholidania meraih juara 2 dalam ”Pasanggiri Kawih Sunda 2011”yang acara puncaknya dilangsungkan di Studio Bandung TV dan siswa lainnya Dika Dzikriawan meraih juara Harapan 1.


SMKN 10 Bandung  adalah contoh sekolah kejuruan seni yang bertujuan melestarikan budaya lokal tanpa mengesampingkan perkembangan modern.


Info lebih lanjut:http://smkn10-bdg.com

Author: jasmeena

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>