SMP Lab School Jakarta, Jaminan Kualitas Pendidikan

Jika mendengar nama Lab School, pikiran kita selalu terbayang akan sekolah yang sudah dari dahulu berdiri, dengan sejumlah prestasi dan reputasi baik dan berkontribusi dalam sejarah pendidikan di Indonesia.


Ya, sekolah yang berawal dari sekolah Teladan di tahun 1968, didirikan dengan tujuan sebagai sekolah laboratorium (Lab School) IKIP Jakarta (sekarang UNJ) yang digunakan untuk praktik mengajar, pendidikan, penelitian dan inovasi pendidikan.


Tahun 1972 misi lab school dianggap berakhir dan sekolah ini berganti nama menjadi proyek TPK (Tempat Pembinaan Keterampilan) atau Comprehensive School yang tujuannya menggali ide-ide baru di bidang pendidikan.


Tetapi nama sekolah ini akhirnya berganti lagi tahun 1974 menjadi sekolah PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan) dengan tujuan mencobakan ide-ide baru dalam pendidikan dan proyek ini berjalan selama dua belas tahun. Berakhirnya proyek ini membuat SMP-SMP di bawah naungan IKIP berubah nama menjadi SMP 236.


Seiring dengan pergantian nama IKIP menjadi UNJ SMP IKIP Jakarta berubah nama menjadi SMP Lab School dan berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur. Sewaktu bernama SMP 236, tahun 1992 sekolah ini berlokasi di jalan Penggilingan, Komplek PIK Cakung.


Nama Lab School menjadi jaminan kualitas pendidikan karena sekolah ini memang menyadari betapa pentingnya memberikan pelayanan pendidikan yang baik dan sesuai dengan kemampuan dan potensi anak didik. SMP Lab School menyediakan program matrikulasi yang ditujukan utuk menyetarakan kemampuan siswa yang baru masuk, lalu program remedial untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar, program pengayaan untuk mengembangkan potensi anak-anak yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata dan program akselerasi untuk siswa dengan kemampuan luar biasa yang difokuskan pada perluasan materi agar pola pikir siswa tersebut dapat terus tergali secara maksimal.


Mulai tahun ajaran 2008/2009, sekolah ini memberikan layanan bilingual bagi kelas cikal bakal RSBI untuk dua kelas dan tahun ajaran 2010/2011 seluruh siswa kelas 7 dan Aksel-1 RSBI,kelas 8A,8B RSBI, 9A dan 9B bilingual. Bilingual berlaku untuk mata pelajaran TIK, MIPA dan tentu saja,Bahasa Inggris. Sejak tahun ajaran 2009/2010 sampai sekarang, untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa, sekolah mendatangkan guru penutur asli atau Native Speaker.

Dengan program pendidikan yang memprioritaskan mengembangkanj potensi anak didik, fasilitas yang memadai, tak salah jika SMP Lab School menjadi salah satu sekolah yang diperhitungkan.


Info lebih lanjut labschool-unj.sch.id

Author: jasmeena

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>